MENU
icon label
image label
blacklogo

Wah, Ada Permen Karet yang Rasanya Tidak Akan Habis

OCT 24, 2018@09:00 WIB | 399 Views

(Peneliti Jepang berhasil menciptakan permen karet yang rasanya tidak akan hilang)

Sebuah permen karet sejatinya akan terasa hambar ketika sudah dikunyah selama beberapa waktu. Perlahan rasanya memudar ketika sarinya semakin larut dalam mulut ketika dikonsumsi. Namun belakangan ini, beberapa peneliti dari Jepang berhasil membuat sebuah inovasi, yakni permen karet yang tidak akan kehilangan rasanya.

Permen karet ini akan mengandalkan sejumlah kecil sinyal elektrik untuk merangsang indera pengecap manusia. Sekilas konsepnya terdengar mengerikan karena melibatkan listrik yang akan menyengat tubuh. Tetapi, prakteknya tidaklah demikian.

Para peneliti tersebut menggunakan reaksi ilmiah yang disebut piezoeelectric effect. Prinsipnya, fenomena piezoelectric effect akan menghasilkan listrik sebagai respon terhadap stres yang diterimanya. Jadi, ketika permen karet ajaib ini dikunyah, fenomena tersebut akan aktif dan merangsang lidah untuk mengenali rasa tertentu. Untuknya, listrik yang dihasilkan hanya dalam porsi yang sangat kecil.

Hingga saat ini, permen karet tersebut baru berhasil menghasilkan rasa asin dan pahit. Kedepannya, para peneliti ini akan mencoba memasukkan rasa lainnya ke dalam permen karet ini.

Bagaimana Black Pals? Mungkin kalau sudah tersedia, kita cukup membeli satu permen karet untuk seharian tanpa khawatir kehilangan rasanya, ya! [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
chewing gum,
#
innovation