MENU
icon label
image label
blacklogo

Tyrata Ciptakan Sensor Ban, Mengontrol dan Melaporkan Kondisi Ban Kendaraan Anda

MAR 02, 2018@19:00 WIB | 561 Views

Tyrata, perusahaan ini memperkenalkan sebuah sensor yang bekerja secara akurat memantau ban mobil Anda. Terbuat dari carbon nanotube ink, bekerja memberi tahu saat ban Anda mulai kehilangan grips dan sangat tipis. Sensor tersebut bekerja pada tapak mobil dan dalam mobil dan itu cukup memudahkan pengemudi serta mengantisipasi bahaya dibaliknya.

“Core dari sensor menempatkan dua elektroda konduktif kecil yang berdampingan, dekat satu sama lain di dalam ban, dan tepat dibawah tapak,” tutur Jesko von Windheim, CEO dan Presiden Tyrata.

Bagaimana cara kerja sensor ban tersebut. Windheim menjelaskannya lebih lanjut,  “Sementara sebagian besar electric field melewati secara langsung tepi dua elektroda yang saling berdekatan. Beberapa busur medan dari permukaan satu elektroda ke permukaan yang lain  menempus ke tapak ban.”

Struktur ban yang terbuat dari karet dan tapak  bersentuhan dengan medan magnet yang disebut fringing field.  Sentuhan tersebut kemudian direspon secara elektrik oleh salah satu elektroda. Salah satunya untuk mengukur ketebalan ban diatas sensor tersebut.

Siapa dibalik pengembang sensor tersebut? Mereka para periset dari Duke University, yang mempublikasikan penelitian mereka di IEEE Sensors Journal di tahun 2017.  Sensor ban ini telah diujicobakan pada lingkungan yang berbeda, dengan mengembangkan kemasan elektronik yang dibutuhkan untuk mengoperasikan remot sensor di dalam ban dari jarak jauh.

Von Windheim menjelaskan ketika tapak ban Anda mulai menipis, akan cukup mudah menyebabkan kecelakaan, merusak performa kendaraan dan menghabiskan lebih banyak konsumsi bahan bakar. “Tujuan kami selanjutnya bagaimana menciptakan keselamatan, kinerja dan efisiensi serta profitabilitas yang bergantung pada ban,” lanjutnya.

Tujuan selanjutnya, sensor ini akan dipasarkan untuk consumers safety, armada perusahaan, racing teams performance, dan  bakal disupport untuk ridesharing serta autonomous car. Pemantauan ban akan menjadi bagian integral, jika tidak tentu akan mencederai banyak orang. Chain business inilah yang nanti akan menyadarkan betapa ban mobil sangat mempengaruhi keselamatan pengendaranya. [Ahs/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
tyrata,
#
sensor ban,
#
carbon nanotube ink