MENU
icon label
image label
blacklogo

Tangan Robot Hasil Cetak 3D ini Mampu Mainkan Nada Sederhana

DEC 26, 2018@15:00 WIB | 64 Views

Menirukan gerakan tangan manusia secara sempurna menjadi tugas rumah paling sulit bagi ilmuan yang mengembangkan robot. Tak terkecuali para peneliti dari Universitas Cambridge  yang telah menyederhanakan struktur tulang pada telapak tangan, tanpa melibatkan struktur komplit seperti tulang, persendian, tendon, ligament, otot dan saraf.

Struktur tersebut telah disederhanakan desainnya, sehingga mengurangi pemrogaman yang dibutuhkan dalam mengendalikan tangan robot.  Dengan rangkaian sederhana tersebut, tetap bisa memainkan piano menghasilkan irama nada yang merdu.

Yang perlu kita ketahui, tangan robot tersebut dicetak menggunakan mesin 3D, menggunakan Stratasys Connex 5000 3D, menggunakan bahan yang lembut dan material nan rigids yang dibutuhkan untuk merepresentasikan tulang dan ligament tangan manusia.  Telapak tangan robotik tersebut berfungsi setelah disambungkan ke lengan robot UR5, yang bekerja mengontrol ketepatan kerangka tangan menggunakan API Phython.

Dengan segala kekurangan, jari-jari robot tersebut tidak memiliki actuator atau hidrolik yang mampu bergerak sendiri. Fungsi tersebut digantikan melalui pergelangan tangan, untuk mendapatkan angka dan kunci not pada keyboard piano. Nada-nada sederhana tersusun rapi atas sentuhan jemari robotik.

Berkat pencetakan 3D, peneliti bisa memvariasikan kebutuhan tingkat stiffness ligament antar tulang. Dan itu memungkinkan bermain dan bergerak cukup fleksibel. “Tubuh robot ini terdiri dari desain mekanik yang cerdas seperti, tulang, ligament, dan kulit dalam membantu gerakan cerdas, bahkan tanpa control dari otak,” tutur Dr. Fumiya Lida, pemimpin proyek.

Teknologi pencetakan 3D mendukung cetak tangan secara lembut, dan dapat mengeksplorasi pentingnya desain fisik,  terpisah dari control aktif seperti otak pada manusia dan tidak bisa di switched off seperti robot ini.Dibalik jemari tersebut dibenamkan resistor force sensing yang berfungsi mengontrol data dalam bermain ke microcontroller Arduino, secara real time guna mengatur perilaku dan kinerja.

Penelitian ini dapat diperluas di masa depan untuk menyelidiki manipulasi yang lebih kompleks, berpotensi mengarah pada pengembangan robot yang menggunakan pendekatan untuk melakukan tugas medis atau menangani benda rapuh. Penelitian ini dipublikasikan dalam sebuah jurnal Science Robotics.[Ahs/timBX]

Tags :

#
tangan robot,
#
robot ur5,
#
robot hands,
#
cambridge university

RELATED ARTICLE