MENU
icon label
image label
blacklogo

Spry, Drone Amphibi Yang Mampu Menyelam

AUG 29, 2018@09:00 WIB | 807 Views

Citra drone sebagai sebuah helikopter mini dengan kamera amat lekat di benak setiap orang. Nah, sejauh yang diketahui kebanyakan drone yang beredar saat ini hanya dapat terbang. Beberapa punya kelebihan untuk mendarat di air. Nmun tidak demikian dengan Spry. Selain dapat terbang, drone ini juga mampu menyelam.

(Spry merupakan drone amfibi yang dapat menyelam)

Spry sendiri merupakan singkatan dari Submerged dan Fly. Dari namanya saja, dapat disimpulkan drone ini memiliki dua kemampuan yang tidak dimiliki drone lainnya, yakni menyelam dan terbang. Urban Drones dan SwellPro merupakan pihak yang berada di balik Spry.

Secara umum, Spry mendukung fitur dasar yang dimiliki sebuah drone. Spry hadir dengan fitur Follow, yang memungkinkannya untuk terbang mengikuti pemiliknya. Adapula Object Orbit. Melalui fitur ini, Spry akan terbang memutar dengan merekam hanya bagian tengah lingkaran tersebut. Tak ketinggalan fitur bernama Auto Return yang akan membuat drone ini terbnag kembali ke pemiliknya, sekalipun pemiliknya berpindah lokasi.

(Drone ini dipastikan dapat menyelam di dalam laut)

Nah, drone hasil kolaborasi ini dibekali juga dengan fitur yang memungkinkannya untuk menyelam. Nantinya, drone ini hanya dapat dikendalikan secara manual jika sedang menyelam. Sayangnya, tidak dijelaskan berapa kedalaman yang dapat dicapai oleh Spry, termasuk juga durasi penyelaman yang dilakukan. Menariknya, ketika Spry muncul ke permukaan air, drone ini dapat langsung mengudara kembali.

(Konsol pengendalinya juga didesain agar tahan air)

Di udara, Spry mampu terbang dengan kecepatan hingga 43 km/jam. Tak hanya itu, drone ini juga mampu merekam dengan kualitas 4K/30 fps. Spry diklaim mampu terbang selama 17 menit dalam satu kali pengisian daya. Tak hanya perangkat drone saja yang tahan air, konsol pengendalinya juga diklaim tahan air.

Spry dibenderol seharga US$729 atau sekitar Rp10,5 juta. Harga ini hanya berlaku jika pembelian dilakukan melalui situs kickstarter. Sementara harga retail yang ditawarkan untuk bisa mendapatkan sebuah Spry adalah US$989 atau sekitar Rp14,5 juta. [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
drone,
#
amphibi,
#
spry,
#
kickstarter