MENU
icon label
image label
blacklogo

Speaker Mobil Seukuran Paspor? Ini Dia LG Thin Actuator Sound Solution

NOV 24, 2022@10:00 WIB | 356 Views

Speaker mobil berukuran besar seperti akan ditinggalkan dalam beberapa tahun ke depan, pasalnya, LG baru-baru ini memperlihatkan teknologi terbaru yang dinamakan Thin Actuator Sound Solution.

Thin Actuator Sound Solution adalah speaker yang kira-kira seukuran paspor, tebalnya hanya 2,5 mm, dengan berat sekitar 1,4 ons. LG mampu mengembangkan komponen ini memanfaatkan teknologi exciter tipe film yang digunakan dalam tampilan digital.

Alih-alih menggetarkan bunyi dari satu sumber seperti speaker konvensional, speaker tipis ini dapat menggetarkan material yang terdapat di dalam mobil. LG mengatakan speaker tersebut bisa dipasang di berbagai elemen di sekitar kabin, seperti dashboard, headliner, roof pillar, headrest, bahkan panel display. Beberapa unit juga dapat dipasang untuk menciptakan pengalaman suara 3D yang imersif.

Dengan desain yang ringan dan kompak, ruangan di dalam kabin akan lebih lega karena tidak akan memakan banyak tempat seperti pada speaker konvensional, sekaligus mengurangi bobot kendaraan. Selain itu, LG mengatakan Thin Actuator Sound Solution juga menghindari penggunaan bahan tanah jarang seperti neodymium, yang merupakan bahan umum pada speaker konvensional.

LG berencana untuk memamerkan Thin Actuator Sound Solution di ajang CES 2023 pada bulan Januari dan mengatakan speaker tipis ini akan dikomersialkan mulai paruh pertama tahun 2023.

LG bukan perusahaan pertama yang memamerkan teknologi semacam ini, meskipun kemungkinan akan menjadi yang pertama mengkomersialkannya dalam skala besar. Perusahaan Jerman Continental dan Sennheiser mempresentasikan teknologi serupa di CES 2020 namun hanya sebatas konsep saja. [fdlh/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
lg,
#
speaker,
#
lg thin actuator sound solution,
#
sound system,
#
inovasi