MENU
icon label
image label
blacklogo

Robot Origami Ini Punya Kekuatan Super, Apa Itu?

NOV 28, 2017@15:00 WIB | 737 Views

Robotika dengan material lunak telah membuat lompatan besar beberapa dekade terakhir. Para peneliti di seluruh dunia telah bereksperimen dengan bahan dan desain yang berbeda. Sehingga memungkinkan mesin yang kaku dapat menekuk dan lentur dengan cara yang sama dengan organism hidup.

Namun dengan adanya peningkatan fleksibilitas berimbas pada berkurangnya kekuatan yang dimiliki, karena bahan yang lembut umumnya tak sekuat material biasa.

Kini para peneliti di Institut Wyss di Universitas Harvard dan MIT’s Computer Science and Artifical Intelligence Laboratory (CSAIL) telah menciptakan robot otot buatan yang terinspirasi dari origami, namun dengan kemampuan untuk mengangkat benda hingga 1.000 kali beratnya sendiri.

Hal ini dapat terealisasi berkat penggunaan berbagai logam, seperti kumparan logam atau selembar plastik yang dilipat dengan pola khusus. Kemudian material ini dikelilingi oleh udara atau cairan dan disegel di dalam tas berfungsi sebagai “kulit”.

Kemudian vakum diaplikasikan ke bagian dalam untuk memulai gerakan dan menciptakan ketegangan yang dimana dapat mendorong terjadinya gerakan yang diinginkan.

Menurut Daniela Rus, Ph.D., salah satu penulis senior dari makalah penelitian tersebut, “Kami sangat terkejut dengan seberapa kuat actuator (alias “otot”) itu. Kami berharap mereka memiliki bobot fungsional maksimum yang lebih tinggi daripada robot lunak biasa, namun kami tidak memperkirakan kenaikan seribu kali lipat. Ini seperti memberi kekuatan super pada robot ini.” [Hlm/timBX]

Tags :

#
robot origami,
#
robot,
#
blackbox