MENU
icon label
image label
blacklogo

Porsche Hadirkan Inovasi Direct Air Capture (DAC) Untuk Bahan Bakar Sintetis Berkelanjutan

SEP 06, 2023@10:00 WIB | 3,564 Views

Teknologi pada dunia otomotif saat ini memang banyak terfokus pada teknologi elektrifikasi. Meskipun begitu, banyak brand lain yang memiliki inovasi lain dalam menghadirkan teknologi alternatif selain elektrifikasi. Salah satunya adalah Porsche yang menciptakan sebuah teknologi terbaru yang dinamai Direct Air Capture atau DAC.

Dalam pengembangan teknologi ini, Porsche bekerjasama dengan HIF Global, MAN Energy Solution, serta Volkswagen Group. Teknologi ini pada dasarnya akan berfungsi sebagai alat ekstraksi CO2 menjadi bahan bakar terbarukan.

Dalam rilis resmi Porsche, Selasa (5/9/2023), Michael Steiner selaku Anggota Jajaran Eksekutif R&D Porsche AG menyebut inovasi hadir sebagai solusi dalam membuat bahan bakar berkelanjutan. “Teknologi DAC ini hadir sebagai solusi untuk ekstraksi molekul karbon yang diperlukan untuk produksi dalam jumlah besar”, ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa teknologi DAC ini sedang ingin dibawa Porsche ke level yang lebih tinggi lagi. “Dengan membersihkan udara dari partikel besar dan kotor akan melalui penyaringan yang mirip kerikil. Nantinya akan membentuk CO2 yang akan diekstraksi serta dikumpulkan dalam bentuk murni dan membentuk bahan bakar berkelanjutan”, tambahnya.

Penggunaan teknologi DAC ini diklaim Porsche memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya seperti mengekstraksi CO2 di mana saja ketika ada sumber CO2 yang ada. Selain itu, teknologi DAC ini bisa digunakan dalam produksi berbasis non-fosil untuk bahan baku BBM sintetis atau e-Fuel.

Dalam pengembangan teknologi DAC ini, Porsche bersama HIF melakukan pengembangan produksi bahan bakar sintetis ini di pabrik e-Fuel Haru Oni, Chile. Langkan ini menjadi salah satu cara untuk semakin mendekatkan penggunaan bahan bakar yang bebas karbon.

Dalam mengembangkan teknologi ini, Porsche menyiapkan dana investasi hingga 100 juta Dollar AS. 75 juta Dollar AS diantaranya digunakan untuk akuisisi HIF Global LLC di bulan April 2022. Tentunya ini merupakan salah satu inovasi teknologi yang cukup menarik untuk industri otomotif di masa depan. [edo/timBX]

Tags :

#
porsche,
#
inovasi,
#
dac,
#
bahan bakar berkelanjutan,
#
direct air capture

X