MENU
icon label
image label
blacklogo

Plester Ini Mampu Mengukur Tekanan Darah dengan Akurat

SEP 14, 2018@09:00 WIB | 579 Views

(Plester canggih pendeteksi tekanan darah)

Ada banyak cara yang dilakukan untuk mengukur tekanan darah. Berbagai alat pun diciptakan untuk melakukan hal tersebut. Seiring perkembangan teknologi, jam tangan pun dapat memiliki fungsi tambahan untuk melakukan ini. Namun, sekelompok ilmuan dari Universitas California menciptakan sebuah alat baru yang lebih simpel.

Ya, para ilmuan tersebut mengembangkan sebuah plester yang mampu mengukur tekanan darah penggunanya. Berbeda dengan yang dilakukan perangkat digital lainnya, plester ini diklaim akan menghasilkan pengukuran yang lebih akurat.

Plester ini terdiri dari lapisan tipis silikon dengan sejumlah elektroda dan piezoelectric yang nantinya akan mengubah perhitungan tekanan darah menjadi sinyal elektrik. Berkat penggunaan silikon sebagai lapisannya, plester ini menjadi sangat elastis, bahkan dapat diputar dan dilipat tanpa merusak komponen eletronik di dalamnya.

(Plester ini akan memancarkan gelombang ultrasonik untuk membaca tekanan darah penggunanya)

Ketika dikenakan pada kulit, plester ini akan memancarkan gelombang ultrasonik secara simultan. Gelombang inilah yang akan membaca aliran darah pada tubuh penggunanya, sekitar 4 cm di bawah kulit. Selanjutnya, data tersebut diproses dan ditampilkan secara real-time.

Menariknya, alat ini dapat digunakan di mana saja, misalnya kaki, leher, lengan, bahkan punggung tangan. Dari hasil uji coba yang dilakukan, pengukuran tekanan darah yang dihasilkan dinilai lebih akurat dari metode lainnya.

Ke depannya, para ilmuwan tersebut berencana untuk mengintegrasikan plester ini dengan baterai, prosesor, dan sistem komunikasi nirkabel. Mereka berharap dengan penambahan perangkat tersebut, plester ini dapat mengirimkan hasil pengukuran tanpa perlu mengandalkan perangkat lainnya. [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
medic,
#
blood pressure,
#
wearable