MENU
icon label
image label
blacklogo

PixelPlayer Bikin Edit Audio Makin Mudah

JUL 11, 2018@09:00 WIB | 493 Views

(Edit audio menjadi lebih mudah dengan PixelPlayer)

Ketika mendengarkan sebuah musik, ada kalanya seseorang merasa penasaran bagaimana notasi yang dimainkan masing-masing instrumen. Salah satu cara mengetahuinya adalah dengan mendengarkan rekaman berkali-kali dan memusatkan konsentrasi pada instrumen musik yang diinginkan.

(Klik pada gambar alat musik untuk mendengarkan suaranya)

Namun, hal itu tidak perlu dilakukan lagi. Pasalnya, MIT Lab berhasil mengembangkan sebuah sistem yang mampu mengisolasi bunyi lain dalam sebuah musik. Program tersebut bernama PixelPlayer, sebuah sistem yang dibekali dengan kecerdasan buatan. Menariknya, MIT melatih kecerdasan buatan ini dengan video musik selama lebih dari 60 jam.

(Sejauh ini PixelPlayer baru mendukung dua alat musik secara bersamaan)

Cara kerjanya begini, PixelPlayer akan menganalisa tanda-tanda gerakan dan perbedaan piksel gambar instrumen musik dalam sebuah video musik. Semakin lama video dimainkan, PixelPlayer akan semakin baik mengenali sebuah alat musik. Pada waktu yang bersamaan, sistem ini akan mempelajari gelombang suara yang dikeluarkan oleh masing-masing alat musik.

(Pengguna juga dapat mengatur volume masing-masing alat musik)

Tahap selanjutnya, pengguna sistem ini hanya perlu meng-klik salah satu alat musik untuk mendengarkan suaranya. Suara alat musik lainnya otomatis akan menghilang. Kemudian klik lagi alat musik lain untuk mendengarkan suaranya. Menariknya lagi, volume masing-masing alat musik dapat diatur ketika dimainkan secara bersamaan.

Kehadiran PixelPlayer dapat membawa angin segar bagi Anda yang hendak mendengarkan salah satu intrumen dalam video musik. Tak hanya itu, kedepannya, pihak MIT berencana untuk menyematkan teknologi ini pada robot, agar sebuah robot dapat membedakan berbagai macam suara. [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
pixelplayer,
#
music,
#
instrument