MENU
icon label
image label
blacklogo

Phonesoap, Alat Disinfeksi Ponsel dengan Sinar UV

JUN 17, 2020@10:34 WIB | 213 Views

Organisasi kesehatan dunia (WHO) saat ini terus gencar untuk membuat warga dunia hidup bersih dan sehat. Demi mengurangi penyebaran Covid-19 misalnya, kita harus rajin mencuci tangan, membersihkan ruangan dan peralatan yang digunakan sehari-hari, termasuk juga ponsel. Bagaimana caranya kalian membersihkan ponsel pribadi? Apakah menyemprot dengan disinfektan juga?

Ternyata ponsel membawa 10x lebih banyak bakteri daripada tempat duduk toilet sekalipun, menurut penelitian dari Universitas Arizona. Memang ponsel pribadi hanya kita saja yang menggunakannya BlackPals, namun sebelum kita memegang ponsel, pasti kita memegang yang lain dulu kan?

Apple. Inc. saja bahkan mengatakan bahwa iPhone harus dibersihkan dengan pembersih berbahan alkohol 70%, dengan tanpa membuat ponsel tersebut kemasukan air pembersihnya. Namun, alkohol ternyata dapat mengikis lapisan oleofobik di layar ponsel, yang lapisan tersebut berguna untuk melindungi layar dari minyak yang berasal dari jari manusia.

Solusi lainnya adalah menggunakan sinar ultraviolet, untuk mendisinfeksi ponsel. Ultraviolet dipercaya dapat mencegah penyebaran kuman. Untuk itu, lahirlah Phonesoap 3, sebuah alat sinar UV yang bisa menjadi alat sanitasi telepon genggam. Dinamakan Phonesoap karena bentuknya yang mirip dengan sabun, namun ukurannya sebesar sebuah telepon genggam.

Alat ini menggunakan dua lampu UV, yang bisa membunuh kuman 99,99% dalam waktu 10 menit. Lampu tersebut dapat menjangkau seluruh bagian ponsel hingga ke celah sempit sekalipun. Meskipun sudah dibersihkan dengan sinar UV ini, penggunanya tetap harus membersihkan secara manual kasing ponsel dengan tisu anti bakteri untuk menghilangkan kotoran yang masih terkumpul. Ketika ponsel dimasukkan kedalam kotak sinar UV tersebut, secara otomatis lampu akan hidup dan mati setelah menyala selama 10 menit.

Pembuat phonesoap mengatakan bahwa lampu sinar UV dapat bertahan hingga 4.000 jam. Jika lampu mati kurang dari waktu pemakaian tersebut, maka penggunanya dapat mengganti seluruhnya secara gratis. Phonesoap 3 ini sudah dijual dengan harga dimulai dari $80.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
blackbox,
#
phonesoap alat disinfeksi ponsel dengan sinar uv,
#
sinar uv,
#
disinfeksi,
#
steril,
#
covid-19