MENU
icon label
image label
blacklogo

Pesiar Perdana Bertenaga Surya, Bisa Keliling Dunia Tanpa Isi Bahan Bakar

MAY 26, 2020@09:29 WIB | 377 Views

Perusahaan kapal mewah, Azura Marine yang berada di Singapura merilis kapal pesiar bertenaga listrik listrik senilai $ 500.000.  perusahaan ini bisa mengklaim dengan teknologi yang mereka tanamkan, bisa membuat kapal ini mengarungi lautan tanpa henti, karena hanya butuh sinar matahari untuk bergerak.

Era elektrifikasi awalnya diciptakan untuk mengurangi ketergantungan akan bahan bakar fosil, dan meningkatkan lingkungan Bumi yang lebih bersih. Kendaraan darat saat ini sedang menuju masa elektrifikasi penuh, dan kini kapal pesiar. Azura Marine memasukkan teknologi surya ini di kapal pesiar catamaran, seri Aquanima 40, yang diluncurkan awal bulan ini di Bali, Indonesia.

“ini merupakan pesiar dengan kabin unik, yang dirancang untuk penjelajahan yang panjang tanpa perlu berhenti mengisi bahan bakar apa pun. Aquanima 40 catamaran bertenaga surya juga dilengkapi dengan sistem resapan hujan seluas 56 m2, pembuat air dan pemulihan air dari sistem pendingin udara,  sehingga pasokan air juga tersedia setiap saat,” tulis Azura Marine.

Azura Marine mengklaim bahwa kapal dapat terus berlayar berkat sistem tenaga surya 10 kW yang besar dan paket baterai 60 kWh. Daya Penggerak: 2 x 10 kW, sistem tenaga Surya: 10 kW, dan Kapasitas Bank Baterai Utama 60 kWh sudah cukup untuk membawa kapal ini mengarungi lautan.

 “Bagi pemiliknya, ini berarti berlayar tanpa batas dan tanpa biaya bahan bakar, tidak ada kebisingan atau getaran, tidak berbau, tidak ada emisi polusi dan tidak ada mengganggu biota laut. Motor listrik sebenarnya bebas perawatan dengan hanya perlu mengganti beberapa bantalan berbiaya rendah untuk pemakaian 20.000 jam,” lanjut perusahaan ini.

Kapal pesiar ini memiliki beberapa fasilitas seperti AC, dapur lengkap termasuk kulkas, kompor dan wastafel. Kamar mandi dan toilet berada di dek utama untuk kemudahan akses yang lebih besar. Di dalam Solar Eclipse, air diproduksi sendiri, termasuk air khusus mandi dan air minum, yang berasal dari sistem pemulihan air pendingin udara dan air hujan raksasa yang terkumpul di atap surya. Serta satu lagi yang tak kalah penting, yaitu konektivitas WIFI. Menurut perusahaan tersebut, seri Aquanima 40 dapat melakukan perjalanan lebih dari 185 km dalam satu hari tanpa berhenti.

“Sangat menggetarkan untuk meluncurkan kapal pesiar minggu lalu dan melakukan perjalanan pertamanya dalam beberapa kilometer.  Kapal pesiar itu memenuhi semua harapan kami dan desainnya dibuat untuk pengoperasian yang tenang dengan daya tanggap yang luar biasa, sungguh luar biasa untuk benar-benar menggunakan kapal tanpa polusi ini,” kata Co-Founder dan CEO Azura Marine Julien Mélot.

Versi rendah dari Aquanima 40 berkisar US$ 540.000, dan jika pelanggan ingin menambahkan sesuatu atau mengubah susunan kapal ini, juga bisa dengan penyesuaian harga pula.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
pesiar perdana bertenaga surya,
#
bisa keliling dunia tanpa isi bahan bakar,
#
blackbox,
#
azura marine,
#
aquanima 40