MENU
icon label
image label
blacklogo

Penelitian Vaksin Covid-19 Hampir Rampung

MAY 11, 2020@16:31 WIB | 693 Views

Sudah beberapa bulan sejak pandemi Covid-19 mewabah di seluruh dunia, tiap peneliti di berabagi negara masih sibuk meneliti untuk mencari obat, cara perawatan terbaik hingga vaksin untuk pasien virus corona. Memang hingga sekarang jumlah pasien yang sembuh meningkat, namun dikatakan tak 100 persen sembuh karena virus ini bisa berevolusi kembali. Namun kini beberapa peneliti sedang mendapat angin segar. Pasalnya, penelitian antibodi dari mereka menunjukkan tanda-tanda kemajuan.

Beberapa negara yang menunjukkan hasil positif tersebut seperti Belanda, Israel, dan Jepang. Peneliti mereka mengembangkan antibodi yang kuat dan tampaknya bisa menetralkan virus. Namun ini masih dalam tahap pengujian di laboratorium, sehingga belum jelas bagaimana cara kerjanya pada manusia apakah bisa berdampak baik untuk tubuh manusia.

Dilansir dari The Guardian, peneliti bernama Berend Jan Bosch dari Universitas Utrecht merupakan salah satu peneliti yang berhasil menemukan antibodi tersebut.

"Antibodi penetralisasi seperti itu berpotensi mengubah arah infeksi pada inang yang terinfeksi, mendukung pembersihan virus atau melindungi individu yang tidak terinfeksi yang terpapar virus,” kata  Bosch.

Sejauh ini semua obat yang diriset akan memiliki banyak pengujian sebelum dicoba ke manusia bahkan dapat dianggap efektif dan aman untuk massa. Sementara itu, perusahaan lain sedang mengerjakan vaksin, seperti Moderna yang merupakan perusahaan medis yang masih menguji “calon” vaksinnya.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
blackbox,
#
vaksin,
#
virus,
#
covid-19