MENU
icon label
image label
blacklogo

Pekerja Ford Gunakan EksoVest Guna Hindari Cidera

NOV 10, 2017@22:15 WIB | 367 Views

Teknologi robot telah digunakan dalam industry perakitan otomotif  sejak beberapa dekade. Tahun 1961 General Motors menciptakan robot untuk pengelasan spot. Tahun 2017 Ford menggunakan jasa Robutt Ford untuk menguji daya tahan kursi mobil. Kini Ford sedang alat baru yang diberinama EksoVest.

EksoVest merupakan teknologi exoskeleton tubuh membantu pekerja perakitan agar bekerja secara efisien. EksoVest tercipta berkat kemitraan Ford dan Ekso Bionics, sebuah perusahaan yang menjadi rekanan BMW. Dengan tujuan mengurangi kecelakaan kerja dan mengurangi kelelahan tubuh.

Alat ini dirancang membantu pekerja melindungi lengan, leher, dengan tinggi sekitar 180 cm. Berfungsi sebagai asisten pekerja membantu lengan pekerja pada berat 2-6 kg.  Dengan EksoVest, keselamatan pekerja lebih terjamin, guna mengurangi cidera yang besar dalam satu tahun.

Saat ini pihak Ekso Bionics sedang mempelajari manfaat EksoVest, terutama dalam mengurangi ketegangan pada tubuh pekerja, mempersiapkan mental, moral dan peningkatan produktivitas kerja mereka. EksoVest saat ini merupakan bagian dari program percontohan di dua pabrik A.S. Ford, namun merek tersebut berencana untuk segera memperluas programnya ke Eropa dan Amerika Selatan. [Ahs/TimBX]

Tags :

#
blackbox,
#
eksovest,
#
exosckeleton technology,
#
ford