MENU
icon label
image label
blacklogo

Pakai Exosuit Ini, Kekuatan Akan Bertambah Berkali Lipat

SEP 03, 2018@09:00 WIB | 555 Views

(LG perkenalkan exosuit baru)

Hingga saat ini, mendengar kata exosuit akan membawa kita pada sejumlah film sci-fi yang pernah tayang. Ya, kemunculan exosuit memang baru jamak di film saja. Di dunia nyata, alat ini belum banyak diciptakan. Namun, LG baru-baru ini memperkenalkan sebuah exosuit yang dibekali dengan juga dengan teknologi artificial intelligence.

(Exosuit ini akan menopang bagian bawah tubuh penggunanya)

Cloi SuitBot namanya. Rangka buatan ini akan menyokong tubuh bagian bawah pemakainya. Nantinya, pergerakan kaki pengguna akan ditopang oleh Cloi SuitBot ketika melakukan aktivitas berat, misalnya mengangkat barang. LG memperkenalkan rangka buatan ini pada ajang IFA 2018 yang diselenggarakan di Berlin. Di baliknya, ada juga sebuah startup bernama SG Robotics.

(Demo penggunaan Cloi SuitBot)

“Ini hanyalah sebuah contoh dari luasnya revolusi produk AI yang dirancang untuk berinteraksi dengan pengguna agar meningkatkan kenyamana pengguna secara dramatis dan menciptakan sebuah peluang baru untuk memajukan ilmu robotika ke generasi selanjutnya,” ujar Song Dae-hyun, Presiden Home Appliance and Air Solution LG.

(Perangkat ini dibekali AI yang akan menganalisis kelemahan penggunanya)

Nah, AI yang ditanamkan dalam Cloi SuitBot ini akan mempelajari kelemahan penggunanya, kemudian memberikan pengaturan terbaik untuk menyokong kelemahan tersebut. AI ini juga mampu mengoptimalkan penggunaan daya baterai serta menghemat umur baterai jika memungkinkan.

Sayangnya, LG belum membeberkan berapa harga yang akan diberikan untuk sebuah Cloi SuitBot. Tentunya harganya akan sangat mahal mengingat manfaatnya yang sangat besar, [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
exosuit,
#
ai,
#
exoskeleton