MENU
icon label
image label
blacklogo

Nissan akan Bekerja Sama dengan JAXA untuk Membuat Lunar Rover

DEC 03, 2021@18:00 WIB | 270 Views

Beberapa pabrikan mobil telah menyatakan minat mereka untuk menjelajahi bulan. Bahkan beberapa dari mereka telah membawa ide ini ke tingkat berikutnya, dan salah satunya adalah Nissan. Perusahaan mobil yang berbasis di Negeri Matahari Terbit tersebut, telah bekerja sama dengan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) untuk membuat kendaraan penjelajahan bulan terbaru.

Ditampilkan sebagai prototipe dan bukan hanya sebuah studi, rover ini adalah buah hasil dari kerja sama antar kedua perusahaan, yang telah mengerjakan model rover sejak Januari 2020. Nissan bertanggung jawab atas kontrol mengemudi dan telah menerapkan dasar pengetahuan di bidang EV-nya, dengan menanamkan "motor control technology" yang ditemukan di mobil seperti Nissan LEAF, serta sistem AWD e-4ORCE yang ditampilkan dalam kendaraan crossover nol-emisi ,Nissan Ariya.

Agar efisien dalam menjelajahi satu-satunya satelit alami Bumi ini, penjelajah bulan harus mampu mengatasi medan berbatu, berdebu, dan bergelombang. Rover ini juga harus hemat energi, dan di sinilah langkah brilian dari Nissan diperlukan. Perusahaan telah meningkatkan teknologi e-4ORCE-nya, mengembangkan kontrol tenaga penggerak/driving-force control yang dapat meminimalkan jumlah putaran roda, sehingga meningkatkan traksinya dalam kondisi yang sulit.

“JAXA bertujuan untuk menerapkan hasil penelitian untuk eksplorasi ruang angkasa di masa depan. Kami berkolaborasi dengan perusahaan, universitas, dan lembaga penelitian dalam proyek yang sangat layak dan memiliki potensi komersialisasi serta inovasi. Dengan melakukan penelitian bersama Nissan, yang memiliki keahlian dalam teknologi elektrifikasi, kami berharap dapat menerapkan temuan kami untuk pengembangan penjelajah bulan/lunar rover berperforma lebih tinggi dan hemat energi.”, kata Ikkoh Funaki, Direktur Pusat Pusat Inovasi Eksplorasi Luar Angkasa JAXA.

Sementara kendaraan yang digambarkan masih berada di laboratorium untuk pengembangan lebih lanjut, mereka yang tertarik dengan teknologi e-4ORCE harus menunggu hingga pertengahan mendatang untuk melihat performa Nissan Ariya di AS, yang menggunakan teknologi tersebut. Jika mereka telah memesan model range-topping, yang satu ini menggunakan dua motor listrik yang ditenagai oleh baterai 87 kWh, dan memiliki total 389 hp dan torsi 442 lb-ft (599 Nm). Harga untuk Ariya Platinum+ e-4ORCE AWD dimulai dari $58.950 di Amerika Serikat, dan untuk model dasar FWD, Nissan dibanderol dengan harga $45.950, [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
nissan,
#
jaxa,
#
lunar rover