MENU
icon label
image label
blacklogo

Mirip Kelelawar, Robot Ini Andalkan Sonar Untuk Memetakan Lingkungan

SEP 10, 2018@09:00 WIB | 555 Views

Mengadopsi kemampuan alami hewan pada sebuah robot bukan lagi menjadi hal yang baru. Mulai dari serangga hingga mamalia, berbagai macam robot dapat dibekali dengan kemampuan serupa. Nah, salah satunya adalah robot dengan kemampuan echolocation seperti yang dimiliki kelelawar.

(Robat mengandalkan echolocation untuk memetakan lingkungannya)

Ya, sejumlah ilmuwan dari Tel Aviv berhasil memadukan teknik echolocation milik kelelawar pada sebuah robot. Adapun kelelawar menggunakan kemampuan ini untuk berburu makanan pada malam hari, serta memetakan sekelilingnya dengan menembakkan gelombang ultrasonik dari mulutnya. Mereka akan mempelajari bentuk lingkungannya melalui pantulan gelombang yang kembali pada mereka.

Pemanfaatan teknologi echolocation pada robot memungkinkan sebuah robot untuk bergerak otonom pada lingkungan dengan bergantung pada sonar tersebut. Seperti halnya kelelawar, robot ini aka menembakkan gelombang ultrasoni melalui speaker kemudian menangkapnya kembali dengan menggunakan mikrofon.

Gelombang tersebut dipancarkan dalam bentuk cuitan kecil dengan frekuensi yang sama dengan gelombang yang digunakan kelelawar. Kemudian, kecerdasan buatan yagn ditanamkan dalam robot ini akan memetakan sekitarnya secara detil. Nantinya robot ini dapat mendeteksi rintangan di depannya dan berjalan menghindari rintangan tersebut. Tak hanya rintangan kecil, robot ini diklaim mampu menghindari tembok bahkan rintangan yang dapat bergerak sekalipun.

“Robat kami adalah robot pertama yang sepenuhnya otonom, seperti kelelawar yang bergerak melalui lingkungan baru sambil memetakan sekitarnya dengan mengandalkan informasi dari gelombang yang diterimanya,” ujar Itamar Eliakim, salah satu lulusan Universitas Tel Aviv yang turut ambil bagian dalam proyek ini. [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
robot,
#
sonar,
#
echolocation