MENU
icon label
image label
blacklogo

Mengubah Kamera Analog menjadi Kamera Digital Dengan Raspberry Pi 0W

AUG 15, 2021@13:00 WIB | 375 Views

Seorang hacker elektronik yang dikenal sebagai Befinitiv baru-baru ini memposting video YouTube yang menunjukkan bagaimana ia mengubah kamera film Cosina Hi-Lite 35 mm lama menjadi digital snapper.

Mengubah Kamera Analog menjadi Kamera Digital Dengan Raspberry Pi 0W

Hacker itu menggunakan pencetakan 3D, Raspberry Pi Zero W, dan modul kamera Pi.Befinitiv menulis bahwa kamera yang dikonversi tidak hanya menangkap gambar digital, tetapi juga dapat merekam video dan bahkan streaming langsung melalui Wi-Fi. Kamera dapat disambungkan ke ponsel atau komputer.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Cosina ‘digital’ tidak memiliki kontrol yang sama dengan Cosina analog asli. Misalnya, pelepas rana pada kamera tidak berfungsi sebagai rana untuk Raspberry Pi, sehingga rana harus tetap terbuka untuk menangkap gambar. Kontrol lain pada kamera juga tidak memiliki kabel untuk menjalankan peran, meskipun sudah menyesuaikan lensa dan fokus.

Baca juga: Perangkat Apple di Masa Depan dapat Mengisi Form Hanya Lewat Lirikan Saja

Mengubah Kamera Analog menjadi Kamera Digital Dengan Raspberry Pi 0W

Pertimbangan lainnya adalah modul kamera Raspberry Pi bertipe ¼.0” (diagonal 4,59 mm) yang berarti mendapatkan crop faktor 9.4x, mengubah lensa 50 mm dari lensa prima standar menjadi telephoto super.

Seperti yang ditunjukkan pada video, selain kamera lama, Anda hanya membutuhkan lima bagian utama. Mulai dari Raspberry Pi 0W, modul kamera, baterai lithium-ion kecil, dan konverter step-up. Anda juga memerlukan kartrid film cetak 3D khusus yang pas dengan kamera yang terpasang di belakang lensa. Untuk melihat lebih banyak bagaimana cara Befinitiv mengubahnya bisa dilihat di channel YouTube-nya.[geo/shf/timBX]

Tags :

#
kamera analog,
#
kamera digital,
#
raspberry pi 0w,
#
mengubah kamera analog menjadi kamera digital

RELATED ARTICLE