MENU
icon label
image label
blacklogo

Mengenal Honda Walking Assist, Sang Pembantu Berjalan dari Honda

JAN 23, 2021@12:00 WIB | 268 Views

Sesuai dengan visi masa depan Honda untuk menciptakan mobilitas yang dapat mudah diakses oleh semua orang, Honda terus melakukan penelitian dan pengembangan alat-alat mobilitas terbaru. Tidak terbatas pada mobil dan motor, Honda juga merancang teknologi lainnya seperti Honda Walking Assist Device (HWAD), sebuah alat bantu untuk pasien yang masih memiliki kemampuan berjalan namun terbatas seperti pada penderita stroke. Alat ini mirip dengan yang digunakan oleh James Rhodes/War Machine ketika mencoba belajar jalan di film Captain America, Civil War.

(Alat Bantu Berjalan yang Dipakai James Rhodes)

HWAD dirancang melalui penelitian dan pengembangan sejak tahun 1999 berdasarkan cara manusia berjalan kaki dan ASIMO, robot humanoid Honda. Sejak 2013, melalui kerjasama dengan 50 rumah sakit dan fasiltas lainnya di Jepang, beberapa unit Walking Assist Device telah digunakan untuk optimisasi fungsi dari perangkat tersebut.

HWAD bekerja dengan memberikan dorongan pada pinggang dan paha sehingga penggunanya dapat berjalan kaki secara lebih simetris, lebih cepat dan lebih jauh. Perangkat HWAD dipakaikan secara melingkar di pinggang dan betis penggunanya, untuk mendukung pola jalan kaki yang lebih simetris dan efisien sehingga pengguna dapat berjalan kaki dengan lebih cepat dan lebih jauh. Perangkat ini telah terbukti mendukung penyembuhan pada neuromuscular, dengan pengawasan dan pelatihan dari ahli kesehatan.

Perangkat Honda Walking Assist Device bekerja dengan mendeteksi posisi sendi pinggul saat berjalan, dengan sensor yang terletak di sisi kiri dan kanan. Alat ini memandu pergerakan anggota tubuh bagian bawah dengan menciptakan dorongan pada bagian kaki.

Perangkat HWAD dapat mendeteksi tingkat keseimbangan antara kaki kiri dan kaki kanan, gerakan pada pinggul, kecepatan berjalan dan paramater lainnya, serta menggabungkan seluruh hasil tersebut dalam pengukuran historikal sehingga pola perkembangan pengguna dapat dianalisa menggunakan komputer.

Honda Walking Assist Device pertama kali diuji pada 2014 di Shirley Ryan AbilityLab, yang sebelumnya merupakan Institusi Rehabilitasi Chicago. Setelah melalui beberapa percobaan dan penelitian yang berkelanjutan, akhirnya Honda menerima lisensi FDA.

Pengujian yang telah dilakukan membuktikan keamanan dan efektivitas dari perangkat HWAD terhadap rehabilitasi pasien pasca-stroke, yang teruji membantu proses penyembuhan dibandingkan praktek terapi standar.

Pada November 2015, Honda Motor Co. Ltd telah menyewakan Honda Walking Assist Device. Honda Walking Assist Device ke 250 fasilitas kesehatan di Jepang, yang didesain untuk latihan atau terapi dibawah bimbingan dokter atau terapis, dan penyewaannya hanya diperbolehkan untuk tujuan rehabilitasi medis.

Setelah itu, pada tahun 2017 akhirnya alat ini diperkenalkan dalam rangkaian Tokyo Motor Show 2017 di Tokyo. Menyusul di tahun berikutnya, Honda telah memperoleh sertifikasi di Eropa (CE) atas perangkat HWAD, yang menjadi persyaratan dalam mendistribusikan dan menjual alat medis di negara-negara Eropa.

Sedangkan pada 2019, perangkat HWAD baru saja mendapatkan pre-market notification dari lembaga BPOM Amerika, dan terbukti mendukung penyembuhan pada bagian neuromuscular dibawah pengawasan ahli kesehatan. Lisensi tersebut merupakan persyaratan untuk pendistribusian alat-alat medis di Amerika Serikat, meskipun saat ini Honda belum mengumumkan rencana aktual untuk penjualan alat bantu jalan tersebut.

Honda Walking Assist Device memiliki lebar sekitar 430 mm - 495 mm dan berat 2,7 kg. Alat ini dapat beroperasi selama 60 menit untuk sekali pengisian daya, dan menggunakan baterai lithium-ion bertegangan 22,2V - 1Ah dengan output torsi maksimal 4N.m. Perangkat ini dapat digunakan di dalam dan luar ruangan (kecuali saat hujan) pada permukaan yang rata.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
blackbox,
#
honda,
#
honda walking assist