MENU
icon label
image label
blacklogo

MATE, Topang Tubuh Atas Penggunanya

OCT 05, 2018@09:00 WIB | 150 Views

(MATE dirancang untuk menopang tubuh bagian atas penggunanya)

Teknologi eksoskeleton akhir-akhir ini menjadi semakin marak. Perangkat yang ditujukan untuk menopang tubuh pengguna makin banyak diproduksi dalam berbagai versi. Nah, kali ini ada Mate, sebuah eksoskeleton untuk menopang tubuh bagian atas penggunanya.

MATE merupakan akronim dari Muscular Aiding Tech Exoskeleton. Alat besutan Comau didesain berdasarkan hasil kolaborais dengan OSSUR, perusahaan ortopedi dari Islandia dan IUVO, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang robotica asal Italia.

(MATE akan memastikan sendi bahu bergerak dalam batas aman)

Eksoskeleton ini akan hadir dengan dua generator torsi yang nantinya membantu kinerja oto bahu ketika pemakainya mengangkat beban berat. Bukan hanya itu, eksoskeleton ini juga akan menopang bahu penggunanya untuk aktivitas ringan seperti mengangkat tangan ke atas kepala, atau aktivitas fisik lainnya.

Prinsipnya, MATE akan menjaga sendi di area bahu penggunanya agar tetap bergerak dalam radius putar yang aman. Nah, kabarnya tersedia lima posisi berbeda yang dapat dilakukan eksoskeleton ini. Tergantung pada tugas yang sedang dilakukan penggunanya.

Comau mengklaim bahwa MATE akan tersedia pada Desember mendatang. Belum ada harga resmi yang ditawarkan Comau untuk sebuah eksoskeleton MATE.

Tags :

#
blackbox,
#
mate,
#
comau,
#
eksoskeleton