MENU
icon label
image label
blacklogo

Lebih Intuitif, Speaker Pintar Bakal Segera Didukung Teknologi AI  

NOV 05, 2020@14:00 WIB | 145 Views

Speaker pintar atau smart speaker selalu mendengarkan frase pengaktifannya, apakah itu "Hey Siri", "Ok Google", atau "Alexa". Hal ini telah menimbulkan masalah tersendiri di mana menonton video dengan frasa tersebut dapat secara tidak sengaja memicu speaker pintar Anda. Namun berkat kerja keras para peneliti, mereka mengembangkan teknologi AI yang dapat membuat speaker pintar menjadi lebih baik kinerjanya dan bahkan lebih pintar dalam mengelola frase yang muncul. Ya, kabarnya sudah ada beberapa peneliti dalam ilmu teknologi tengah melakukan percobaan penerapan ide memasukkan AI dalam speaker pintar agar lebih memudahkan kepraktisan dalam sinergi komunikasi antar perangkat dan penggunanya.   

Pengembangan yang dilakukan para peneliti tersebut tentunya dilakukan dengan menggunakan teknologi AI yang terurut untuk membantu menentukan arah suara yang didengar perangkat. Misalnya, jika Anda jauh, teknologi AI mungkin berasumsi bahwa Anda tidak ingin mengaktifkan speaker dan akan mengabaikan frasa tersebut. Namun, jika Anda lebih dekat dan bersifat pribadi, maka teknologi itu akan berasumsi bahwa Anda memang ingin mengaktifkan asisten digital speaker pintar.

Menurut para peneliti, mereka melakukan pengembangan tersebut dengan cara atau metode pendekatan bawaan yang memungkinkan perintah suara dengan kemampuan alamat (yaitu, perangkat bisa mengetahui tentang apakah ada perintah yang diarahkan padanya atau tidak) secara alami dan cepat. Dan para peneliti mengukur keakuratan penerapan sistem mereka di seluruh pengguna, ruangan, frasa lisan, dan faktor utama lainnya yang memengaruhi kinerja dan kegunaan. Secara keseluruhan, mereka (para peneliti) merasa yakin bahwa pendekatan DoV mereka itu menunjukkan kelayakan dan menjanjikannya untuk bisa membuat interaksi suara bisa terdistribusi jauh secara lebih intuitif dan lancar.

Meskipun demikian, para peneliti masih merasa tidak yakin tentang apakah ada rencana untuk benar-benar menerapkan teknologi AI ini ke dalam speaker pintar yang sudah ada di pasaran, tetapi hal itu juga dapat menyelesaikan banyak masalah dan membuat speaker pintar lebih intuitif dan makin pintar lagi kinerjanya di masa yang akan datang.[prm/inn/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
speaker pintar,
#
teknologi ai