MENU
icon label
image label
blacklogo

Kupas Tuntas Drone Phantom 4 Pro V2

APR 22, 2020@15:50 WIB | 676 Views

Pada awal tahun 2020, DJI merilis produk drone terbarunya yang dinamakan Phantom 4 Pro V2, generasi kedua dari seri Phantom 4 yang telah diluncur pada 2017, setelah 5 tahun beredar di pasaran akhirnya DJI membuat versi keduanya. Hal itu menunjukan bahwa Phantom 4 telah sukses di pasaran pasca bertahan selama 5 tahun belakangan ini.

Respon yang diberikan juga cukup bagus akan kehadiran Phantom 4 seri pertama. Menurut saya Phantom 4 memiliki keunggulan dibandingkan seri Mavic yang juga sukses di pasaran. Sebagian orang beranggapan lebih baik membeli seri Mavic seperti Mavic Air dan Mavic Pro 2 Pro dikarenakan simple, kecil dan mudah dikendalikan. Terasa benar pemikiran tersebut, tetapi bagi pemilik dan pencinta Phantom 4 semua itu bisa dibantah karena Phantom 4 pastinya mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh seri Mavic yaitu kualitas video, foto dan kecepatan drone.

Khususnya bagi para fotografer profesional yang suka dengan aerial photography sudah pasti Phantom 4 adalah yang terbaik untuk menghasilkan foto dibandingkan seri DJI lainnya ataupun produk drone saingannya DJI itu sendiri. Dengan output foto yang terbaik tentunya output video juga sama, apabila dibandingkan secara apple to apple pastinya Phantom 4 juaranya karena videonya lebih detail dan tajam. Kebanyakan digunakan untuk kebutuhan commercial.

Selanjutnya mari kita kupas apa yang DJI tawarkan di Phantom 4 Pro V2 yang mengusung tagline Visionary Intelligence. Elevated Imagination.

1. Kamera

Dilengkapi dengn sensor CMOS 20MP 1 inci dan rana mekanis, mampu menghilangkan distorsi , memiliki sensor canggih untuk menangkap setiap detail dan menyediakan data gambar yang terbaik untuk proses lanjutan yaitu Post-Production.

Kamera Phantom 4 Pro V2.0 memiliki lensa sudut lebar f / 2.8 yang dioptimalkan, untuk memastikan foto dan video yang secara konsisten tetap jelas dan tajam dengan tetap menjaga akurasi warna.

Sistem pemrosesan video yang disempurnakan memungkinkan video mampu merekam kualitas4K pada 100 Mbps, memungkinkan pemotretan gerakan lambat resolusi tinggi. Rekam dalam mode D-Log dan codec H.265 untuk menangkap hasil rekaman profesional dengan rentang dinamis yang tinggi dan mengoptimalkan kualitas gambar.

Selain itu pencitraan udara ini juga memungkinkan untuk perspektif baru dalam segala hal mulai dari pemandangan hingga balapan motor. Rana mekanis menghilangkan distorsi dan dapat menangkap subjek yang bergerak cepat atau saat terbang dengan kecepatan tinggi. Rana elektronik menampilkan mode Burst, yang mampu memotret 14 fps pada 20 MP untuk menangkap momen yang sempurna.

2. Performa Penerbangan yang Kuat.

Terdapat beberapa mode penerbangan agar bisa lebih efisien dan nyaman. mode penerbangan memberikan kontrol yang dibutuhkan seperti kelancaran, kesederhanaan atau kecepatan dan kecepatan maksimum 45 mph

3. Keselamatan Penerbangan Komprehensif

Flight Autonomy adalah platform intelijen udara, otomasi dan canggih, dengan tampilan real-time dari lingkungan dan peta 3D menyediakan data penting. IMU dan kompas memantau data penting dan menyingkirkan kemungkinan kesalahan, sensor keamanan di lima titik sehingga mampu memberikan keamanan dari  benturan di obyek sekitar.

4. OcuSync 2.0 HD Transmisi Gambar

Pengontrol jarak jauh Phantom 4 Pro V2.0 menggunakan transmisi video OcuSync 2.0, yang menggunakan teknologi multiplexing pembagian waktu untuk mengirim sinyal kontrol dan menerima sinyal video secara bersamaan, yang memungkinkan streaming langsung dengan kualitas 1080p hingga jarak delapan kilometer.Pada frekuensi2,4 GHz dan 5,8 GHz, OcuSync 2.0 memindaifrekuensi dengan interferensi terendah dan beralih sesuai untuk mempertahankan transmisi yang jelas. Berkat OcuSync 2.0, Phantom 4 Pro V2.0 ini juga dapat terhubung secara nirkabel ke DJI Goggles untuk mendpatkan pengalaman yang lebih berkesan dan berbeda.

5. Remote Kontrol

Terdapat Layar ultra-terang sebesar 5,5 inci menghasilkan warna-warna cerah mudah terlihat bahkan walau di bawah sinar matahari langsung. Karena aplikasi DJI GO 4 terintegrasi ke dalam layar, perangkat seluler tidak lagi diperlukan.Remote kontrol ini memiliki beberapa port berbeda dan masa pakai baterai mampu bertahan selama lima jam.

6. Baterai Drone Yang Cerdas

Aplikasi DJI GO 4 menunjukkan masa pakai baterai dan menghitung waktu penerbangan yang tersisa berdasarkan jarak yang ditempuh dan lebih masih banyak lagi. Ketika jarak minimum yang diperlukan untuk suatu perjalanan yang amanuntukkembali ke titik lepas landas tercapai, prompt akan mengingatkan pilot. Sistem manajemen baterai mampu mencegah pengisian secara berlebihan dan pengeringan yang berlebihan. Ketika ditempatkan dalam penyimpanan jangka panjang.

Selain itu baling-baling yang digunakan juga mengalami evolusi dari versi sebelumnya yang diklaim mampu memberikan kesteabilan dalam terbang dan mampu meredam suara sehingga tidak terlalu berisik seperti seri sebelumnya, Unit harga Drone Phantom 4 Pro V2 saat ini berkisar USD $1,649, tentunya bagi kalangan profesional yang berorientasi dengan kualitas tentunya harga tersebut sebanding dengan hasil dan tehnologi yang disematkan di Phantom 4 Pro V2. [and/asl/timBX]

Tags :

#
drone phantom 4 pro v2,
#
spesifikasi phantom 4 pro v2,
#
dji,
#
visionary intelligence