MENU
icon label
image label
blacklogo

Kacamata Pintar Pengganti Google Glass

OCT 26, 2018@09:00 WIB | 329 Views

Masih ingat dengan Google Glass? Perangkat kacamata bikinan Google ini mampu menampilkan notifikasi dan navigasi ketika dipakai. Sayangnya, Google Glass kurang berhasil menembus pasar. Nah, kini sebuah perusahaan Kanada membuat sebuah kacamata dengan konsep serupa yang bernama Focal.

Tak seperti Google Glass, Focal hadir layaknya kacamata biasa. Menariknya, Focal dibuat secara kustom. Sebelum membeli, calon pengguna akan melakukan 3D scan di kepalanya. Hal ini dilakukan agar Focal memiliki ukuran yang sesuai dengan kepala penggunanya.

Ada beberapa desain yang ditawarkan Focal. Semuanya membawa desain layaknya kacamata biasa. Bahkan kabarnya, jika dilihat sekilas, orang lain tak akan menyangka kalau Focal adalah sebuah kacamata pintar.

Kunci kepintaran kacamata ini ada pada sebuah proyektor di bagian dalam gagangnya. Nantinya, proyektor inilah yang akan menampilkan sejumlah notifikasi dari ponsel Anda. Adapaun sejumlah notifikasi yang ditampilkan adalah waktu, cuaca, pesan teks, kalendar, navigasi, bahkan notifikasi dari aplikasi pihak ketiga. Tak hanya itu, kacamata ini juga dibekali dengan speaker yang akan mengeluarkan suara “Ping!” jika sebuah notifikasi masuk.

Nantinya, pengguna bisa memilah notifikasi apa saja yang akan ditampilkan di kacamatanya melalui sebuah aplikasi di ponsel. Sayangnya, karena mengandalkan koneksi Bluetooth, sejauh ini hanya pengguna Android saja yang bisa mencicipi fitur Focal.

Nah, untuk mengontrol layar Focal, dibutuhkan sebuah perangkat lain berbentuk cincin, namanya The Loop. Terdapat sebuah joystick kecil pada cincin tersebut. Pengguna nantinya dapat menggeser joystick tersebut ke lima arah untuk mengontrol tampilan Focal.

Focal dibanderol dengan harga cukup mahal untuk sebuah kacamata, yakni US$999 atau sekitar Rp15 jutaan. Hingga saat ini, Focal masih dalam masa pre-order. Nah, apakah Black Pals tertarik untuk memilikinya? [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
smart glasses,
#
android,
#
focal