MENU
icon label
image label
blacklogo

Kacamata Ini Dapat Memblokir Cahaya Dari Layar LCD dan LED

OCT 04, 2018@09:00 WIB | 263 Views

(IRL ini bukan sekadar kacamata hitam biasa)

Perkembangan zaman menuntun pada kemajuan teknologi. Berkat kehadiran layar LCD dan LED, segala hal dapat menjadi mudah. Televisi tabung mulai ditinggalkan, diganti dengan TV LCD yang lebih tipis. Monitor tabung pun mengalami nasib yang sama. Diganti dengan monitor LCD yang jauh lebih tipis.

Hampir setiap hari kita memandang layar LCD dan LED. Sebut saja, komputer, televisi, billboard, bahkan ponsel yang kerap digunakan setiap hari. Paparan yang berlebihan kabarnya dapat berakibat buruk pada kesehatan mata.

(IRL Glasses mampu memblokir cahaya layar LED dan LCD)

Nah, buat Anda yang suka dengan cara ekstrim untuk menangani masalah ini, Ivan Cash memberikan solusi yang jitu. Ia bersama dengan rekannya, Scott mengembangkan sebuah kacamata yang akhirnya mereka beri nama IRL Glasses. Kacamata ini akan memblokir semua cahaya yang dihasilkan oleh layar LCD dan LED.

Untuk dapat melakukan itu, keduanya menggunakan optik yang dipolarisasi secara horizontal. Kemudian lensa optik ini akan diratakan dan diputar sebesar 90 derajat. Hasilnya, layar yang menggunakan LCD atau LED—seperti televisi dan monitor komputer—akan terlihat hitam. Menariknya, hanya bagian layar saja yang terlihat hitam, sisanya tampak seperti biasa.

(Hingga saat ini, IRL Glasses masih dikembangkan lebih lanjut)

Dilansir dari DigitalTrends, versi purwarupa kacamata ini berhasil memblokir cahaya pada sebagian besar layar televisi dan monitor komputer. Sayangnya, kacamata ini belum mampu memblokir cahaya yang dihasilkan oleh layar OLED.

Kedepannya, Cash dan Scott akan semakin mengembangkan purwarupa ini, khususnya agar mampu memblokir cahaya yang dihasilkan layar OLED. [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
irl,
#
glasses