MENU
icon label
image label
blacklogo

Kacamata Canggih Bisa Berganti Fokus dengan Sentuhan

OCT 25, 2018@09:00 WIB | 398 Views

Kacamata bukan lagi menjadi alat bantu penglihatan bagi mereka yang mengalami masalah dengan mata mereka. Kini, kacamata juga dapat dijadikan penunjang penampilan. Pemilihan frame yang tepat akan membuat seseorang tampil semakin menarik.

Nah, bayangkan jika sebuah kacamata dibekali dengan fitur canggih, seperti mengatur fokusnya. Perlu diketahui, fokus kacamata yang ada saat ini tidak bisa diatur sedemikian rupa. Akibatnya, miring sedikit saja, fokus tersebut langsung berubah secara permanen.

Sebuah perusahaan asal Jepang menawarkan solusi cerdik dibalik persoalan itu. Sebuah kacamata bernama TouchFocus berhasil dikembangkan. Sesuai dengan namanya, fokus kacamata ini dapat diatur menggunakan sentuhan saja.

Untuk dapat melakukan hal tersebut, lensa TouchFocus tersusun dari kristal cair. Nantinya, sejumlah sinyal elektrik akan diberikan untuk mengubah titik fokus lensa ini. Menariknya, dari kacamata biasa sekalipun, TouchFocus dapat berubah menjadi sebuah kacamata khusus membaca.

Pengendali fokus tersebut berada pada sisi kanan frame kamera. Seperti dijelaskan di atas, sentuhan kecil pada titik ini akan mengalirkan listrik langsung ke lensa kacamata untuk mengubah fokusnya.

TouchFocus dibekali dengan sebuah baterai, meski tidak diketahui berapa kapasitasnya. Namun dalam proses pengisian yang berlangsung selama empat jam, kacamata ini dapat digunakan selama sepuluh jam. Perlu diperhatikan, kacamata ini hanya membutuhkan daya ketika mode membaca diaktifkan. Selain dari itu, TouchFocus tidak membutuhkan daya baterai.

Setidaknya, ada 20 pilihan frame yang ditawarkan perusahaan asal Jepang ini. Harganya sendiri tidak main-main. Untuk sebuah kacamata TouchFocus, pengguna mesti menyiapkan dana sebesar US$2,200 atau sekitar Rp33 jutaan. [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
touchfocus,
#
liquid crystal