MENU
icon label
image label
blacklogo

Jamboxx, Alat Musik Tiup dengan MIDI Controller

JAN 22, 2018@20:00 WIB | 1,903 Views

Jamboxx sebuah alat mirip harmonica yang menggunakan teknologi MIDI controller, diluncurkan kembali. Jamboxx diprogram ulang dengan menyertakan sensor optic khusus yang dikembangkan agar mampu bertahan lebih lama dan memberikan pengalaman bermain lebih baik.

Seperti alat tiup ini bekerja? Jamboxx bekerja  mencatat nafas yang tertiup melalui corong, yang mirip seperti harmonica.  Benturan nafas yang tertiup  mengubah notasi velocity.  Ada pilihan untuk mengatur nafas (breath control)  guna mengatur aliran udara yang dibutuhkan untuk memainkan notasi.

Secara eksternal Jamboxx memiliki tactile bumps,  yang mirip fret pada gitar, memudahkan pemain dan intuitif bergerak diantara notes yang mereka inginkan. Secara default, Jamboxx memainkan 12 notes pada skala C mayor chromatic, namun dapat diubah, roda modulasi disamping memudahkan bergerak melintasi oktaf. Sedangkan tombol bagian bawah  digunakan untuk switch antara instrument, key dan scale. Jamboxx merupakan instrument MIDI yang bisa memainkan suara seperti synth, piano dan guitar.

Pihak perusahaan melirik pengembangan Jamboxx, karena bisa dioperasikan tanpa tangan. Bisa digunakan sebagai alat pelengkap dalam permainan gitar atau piano.  Secara desain cukup menarik, karena Jamboxx gampang dimainkan oleh  orang dengan disabilitas tertentu atau latihan bagi penderita fungsi paru-paru.  Seperti biola, piano atau gitar, memerlukan tangan, Jamboxx tidak sama sekali.

Jamboxx sebelumnya diproduksi secara handmade, namun versi barunya diluncurkan kembali dengan menggunakan cetakan injeksi plastik. Jamboxx bekerja menggunakan sensor optic yang linear dengan potentiometer, yang lebih murah dan lebih tahan lama.  Jamboxx dijual seharga USD399  atau sekitar Rp5,3 juta. [Ahs/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
jamboxx,
#
midi controller

X