MENU
icon label
image label
blacklogo

Jam Pintar Tak Lagi Butuh Layar

MAY 04, 2018@09:00 WIB | 661 Views

(LumiWatch, smartwatch dengan proyeksi sinar laser untuk layar)

Perkembangan smartwatch berlangsung dengan cepat. Berawal dari Apple Watch hingga ke produk jam pintar dengan harga sangat terjangkau. Sekarang ini, tak terhitung lagi banyaknya smartwatch yang beredar, dari yang paling sederhana untuk mendeteksi detak jantung dan memberi laporan aktivitas olahraga hingga ke fungsi kompleks menerima notifikasi dan mengendalikan ponsel.

(Pengujian purwarupa LumiWatch)

Dari seluruh smartwatch yang beredar, semuanya masih menggunakan layar sebagai pusat interaksi antara perangkat dengan penggunanya. Ke depannya, penggunaan layar ini mungkin bisa dihilangkan. Sekelompok peneliti berhasil membuat sebuah purwarupa smartwatch yang berbeda dari sebelumnya.

Alih-alih menggunakan layar sentuh, smartwatch ini akan memproyeksikan sinar ke lengan penggunanya yang akan menggantikan fungsi layar sentuh. Diberi nama LumiWatch, smartwatch ini dibekali dengan 15 proyektor laser yang dapat digunakan indoor maupun outdoor.

(Sensornya akan mendeteksi gerakan tangan penggunanya)

Agar dapat digunakan, LumiWatch juga dibekali dengan sensor yang akan mengenali gerakan tangan pengguna saat mengakses smartwatch ini. LumiWatch mampu menciptakan proyeksi di area seluas 40 cm persegi. Jauh lebih besar ketimbang display smartwatch pada umumnya.

Hingga saat ini, LumiWatch masih berupa purwarupa dan masih dikembangkan. Namun jika purwarupa ini sukses, mungkin itulah saatnya untuk berpisah dengan smartwatch dengan layar sentuh. [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
smartwatch,
#
laser