MENU
icon label
image label
blacklogo

Intel Neural Compute Stick 2, Permudah Kinerja Developer Bikin Produk Berbasis AI

DEC 02, 2018@10:00 WIB | 1,171 Views

Saat konferensi pengembang artificial intelligence pertama  berlangsung di Beijing, Cina,  bulan lalu.  Intel berkesempatan meluncurkan generasi kedua  neural network dalam bentuk USB, mereka menyebutnya  Neural Compute Stick 2(NCS2). Dirancang untuk meningkatkan wilayah neural net development, dan sekarang sedang dikirim ke seluruh dunia.

"Generasi pertama Intel Neural Compute Stick memicu seluruh komunitas developer AI  di dunia untuk beraksi dengan harga yang tidak ditetapkan sebelumnya," kata Naveen Rao dari Intel. "Kami senang melihat apa yang dibuat komunitas developer selanjutnya dengan Neural Compute Stick 2 untuk menambah daya kerja computer mereka."

Versi NCS 2 telah dirombak dengan cukup meningkatkan kinerja dari Movidius Stick tahun lalu. Pihak Intel berjanji performa image classification dan object detection meningkat hingga delapan kali lipat. Kenaikan kemampuannya, berkat Myriad X VPU (Vision Processing Unit) yang menjadi basisnya.

Pertama, VPU Intel mampu mendedikasikan hardware neural network interface, yang ditambah dengan lebih banyak core komputasi.  Hardware tersebut memungkinkan developer untuk beralih dari prototyping ke produksi,  berkat akselerator Intel dari konsep ke aplikasi yang real.

Neural Compute Stick 2 memiliki dimensi  2.85 x 1.06 x 0.56 in (72.5 x 27 x 14 mm) dapat dicolokkan ke laptop melalui USB 3.0 standar dan kompatibel dengan sistem operasi 64-bit Ubuntu, CentOS dan Windows 10. Intel mengatakan bahwa "dengan laptop dan Intel NCS 2, pengembang dapat menjalankan aplikasi AI dan visi komputer dalam hitungan menit."

Neural Netwrok Training merupakan kit dari IoT dan network yang tidak memerlukan perangkat keras tambahan, sehingga algoritma AI dan sistem visi komputer untuk smart device, seperti drone, robot, dan apa yang dapat dibuat dan digunakan secara lokal, tanpa mengharuskan developer perlu mengakses ke cloud.

Alat ini juga mendukung tool developer OpenVINO untuk fleksibilitas prototyping yang lebih besar, dan prototipe dapat disalurkan ke lebih banyak faktor bentuk berkat AI berbasis Intel yang menjadi ekosistem produksi. Harga untuk Compute Stick Versi Kedua terbaru telah ditetapkan sebesar US $ 99 atau sekitar Rp1,5 jutaan.[Ahs/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
intel,
#
neural compute stick 2,
#
artificial intelligence