MENU
icon label
image label
blacklogo

iEV Z, Kendaraan Listrik Yang Bisa Berubah Ukuran Sesuai Keinginan

FEB 16, 2022@20:00 WIB | 406 Views

Pada 2018 lalu, startup mobil asal Denmark, iEV Motors, merilis mobil listrik berukuran kecil yang dapat berubah bentuk dari konfigurasi satu hingga dua tempat duduk bernama iEV X. Di tahun 2022 ini, iEV Motors secara resmi meluncurkan upgrade dari mobil listrik berteknologi tingginya ini dengan nama iEV Z.

iEV Z sendiri dibuat dengan hanya memiliki lebar 78 cm, tinggi 145 cm, dan panjang 198 cm. Ketika dalam mode penumpang tunggal, kendaraan ini diklaim sanggup membawa beban hingga seberat 220 kg.

Jika pengemudi ingin menambah penumpang, mobil dapat diperpanjang secara robotik hingga 235 cm. Ini memungkinkan kursi lipat kedua muncul dari belakang pengemudi. Dan untuk membawa beberapa kargo ekstra bersama dengan penumpang, mobil dapat diperpanjang lagi hingga 275 cm. Perubahan konfigurasi ini diklaim oleh iEV Motor memakan waktu hanya dalam beberapa detik saja.

Kendaraan ini memiliki motor 1-kW yang dapat melaju hingga kecepatan tertinggi 45 km/jam, dengan baterai lithium 3,3-kW/h yang diklaim dapat memberikan daya jangkau sekitar 100 km dalam waktu 3 jam. Satu set panel surya di atap berfungsi untuk mengisi daya baterai saat digunakan.

Peningkatan lain pada model iEV Z, adalah sasis baja karbon yang sepenuhnya didesain ulang dan bodi aluminium/serat karbon; area kargo depan; jendela elektrik; balok anti-intrusi untuk menambah kekuatan dan keamanan, jendela yang terbuat dari kaca pengaman yang dicetak, ditambah sistem pengisian robotik yang ditingkatkan.

Jika tertarik, iEV Z dikabarkan akan tersedia akhir tahun ini, dengan harga €5.850 (sekitar Rp94 juta). Model iEV Z+ dengan spesifikasi lebih tinggi juga sedang dalam proses pembuatan dan direncanakan akan dirilis awal tahun depan. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber. 

Tags :

#
iev z,
#
mobil listrik