MENU
icon label
image label
blacklogo

Google Poly, Menciptakan Aplikasi VR dan AR Jadi Lebih Mudah

NOV 02, 2017@14:00 WIB | 871 Views

Virtual reality (VR) dan Augmented Reality (AR) tengah menjadi salah satu perkembangan teknologi yang begitu pesat lajunya. Teknologi ini menjadi sebuah teknologi yang menarik perhatian berbagai lini masyarakat. Bagi pengembang yang ingin menciptakan konten AR atau VR membutuhkan objek 3D. Tentunya sulit bagi pengembang independen atau pengembang kecil karena membutuhkan banyak objek 3D yang menghabiskan banyak waktu dan sumber daya tentunya.

Untuk itu, Google berusaha memberikan solusi atas permasalahan ini. Mereka menghadirkan sebuah layanan baru yang diberi nama Google Poly. Apa itu Google Poly? Google memberikan gambaran layanan Poly sebagai one-stop shop untuk browsing. Jadi melalui layanan ini pengguna layanan dapat dengan mudah menemukan dan mengunduh berbagai macam objek 3D. Nantinya objek-objek 3D ini dapat digunakan pada projek VR ataupun AR yang sedang dikerjakan.

Dapat dikatakan juga, Google Poly merupakan perpustakaan online untuk sebuah objek 3D. Google juga memungkinkan pengguna mengunggah objek 3D mereka dan dapat digunakan pengguna lainnya melalui lisensi Creative Commons

Telah tersedia ribuan model 3D yang dapat diunduh di Google Poly. Objek tersebut mencakup beragam hal, mulai dari es krim sampai dengan roket. Pengguna dapat mengkombinasikan beragam objek tersebut. Kemudian secara otomatis akan memberikan credit dan link ke versi aslinya saat karya tadi telah diterbitkan.

Jika ditelaah, ini merupakan layanan yang cukup hebat dan tentunya sangat berguna bagi developer untuk mengembangkan aplikasi VR dan AR. Terbaiknya lagi adalah Google Poly tersedia secara gratis. So, segera ciptakan segera karya kalian dalam bentuk VR dan AR. Selamat mencoba! [Hlm/timBX]

Tags :

#
google poly,
#
blackbox,
#
virtual reality