MENU
icon label
image label
blacklogo

Google Lens Buat Kamera Ponsel Kenali Beragam Objek

MAY 20, 2017@12:00 WIB | 591 Views

Dalam ajang tahunan Google I/O yang digelar di San Fransisco, Amerika Serikat belum lama ini, Google memperkenalkan salah satu produk terbaru mereka. Aplikasi bernama Google Lens ini sejatinya merupakan perpaduan yang apik antara kamera smartphone dengan kecerdasan buatan atau Artificial intelligence (AI). Kolaborasi tersebut membuat kamera yang bersamayam di ponsel cerdas menjadi jauh lebih berguna.

Jika sebelumnya kamera yang ada di smartphone hanya untuk mengabadikan momen saja, dengan Google Lens kini kamera dapat mengenali berbagai benda yang ada di depannya. Sebut saja pada saat Anda mengarahkannya pada sebuah bunga, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan mengenali nama bunga tersebut dan segala informasi yang terkait dengannya.

Yang tidak kalah menarik, Google Lens juga mampu mengenali bangunan atau pun tempat tertentu, seperti resto, kafe, dan sebagainya. Kemampuan Google Lens tersebut diperoleh berkat hadirnya Google Assistant. Hadirnya kecerdasan buatan tersebut plus koneksi internet yang memadai membuat kamera smartphone dapat mengenali dan menggali informasi terkait benda yang ada di depannya.

Hebatnya lagi, Google Lens digadang-gadangkan mampu menerjemahkan berbagai bahasa yang ada di dunia. Kemampuan tersebut mirip seperti kemampuan yang dimiliki salah satu produk raksasa internet tersebut, Google Translate. Sayangnya, untuk sementara ini Google Lens masih dalam tahap pengembangan, dan masih belum diketahui kapan versi finalnya dirilis. [Teg/TimBX]

Tags :

#
google lens,
#
google,
#
blackbox