MENU
icon label
image label
blacklogo

GoHeart, Tangkap Sinyal Bagi Ponsel Anda

JUL 03, 2018@09:00 WIB | 908 Views

(GoHeart dapat menangkap sinyal yang lemah untuk ponsel Anda)

Bagi Anda penggiat kegiatan alam, kendala yang kerap dialami adalah minimnya dukungan alat komunikasi. Secanggih apa pun ponsel yang Anda bawa, ketika tidak ada sinyal, Anda tidak dapat terhubung dengan orang lain, terutama dalam keadaan darurat. Mengandalkan telepon satelit tentunya akan memakan banyak biaya. Selain harga ponselnya mahal, pulsa yang dibutuhkan untuk telepon satelit juga dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

Namun masalah ini dapat Anda atasi dengan GoHeart yang diciptakan oleh Bob. GoHeart merupakan sebuah alat pembantu komunikasi untuk menangkap sinyal yang lemah dengan konsumsi daya yang sangat irit. Alat ini akan membantu ponsel Anda agar dapat berhubungan dengan orang lain terutama ketika dalam keadaan darurat.

(Perangkat GoHeart)

Ada cerita menarik mengapa GoHeart diciptakan. Kala itu Bob sedang melakukan perjalanan menggunakan sepeda di sebuah gunung. Tanpa sengaja, ia terperosok ke sebuah lembah. Dengan segala upaya, Ia meraih ponselnya untuk meminta bantuan. Sayangnya, jangankan menggunakan internet, untuk sekadar berkirim pesan saja ia tidak bisa. Ponselnya tidak dapat menangkap sinyal. Dengan terpaksa ia mengumpulkan sisa kekuatannya untuk keluar dari lembah tersebut dan meminta bantuan di jalanan terdekat. Untungnya Bob berhasil.

(GoHeart mudah dibawa dan digantungkan di ransel)

Jika dilihat sekilas, perangkat GoHeart mirip dengan sebuah stik. Uniknya, terdapat sebuah klip untuk menggantungkan alat ini di ransel Anda. Perlu diketahui, Bob menanamkan teknologi Direct Sequence Spread Spectrum (DSSS). Teknologi inilah yang banyak digunakan untuk perangkat LAN nirkabel. Pasalnya, DSSS memiliki data rate yang tinggi, jangkauan yang lebih luas dan implementasinya yang lebih mudah dibanding teknologi komunikasi lainnya. Syaratnya, perangkat yang dihubungi harus berada dalam pita frekuensi yang lebarnya 22 MHz. konsepnya mirip dengan walkie talkie, namun dengan jangkauan yang jauh lebih lebar.

(Diperlukan aplikasi khusus untuk menggunakan GoHeart)

Sebelum menggunakan GoHeart, Anda harus mengunduh aplikasi GoHeart di ponsel Anda, baik itu dengan sistem operasi iOS atau Android. Kemudian, hubungkan perangkat GoHeart dengan ponsel melalui koneksi bluetooth. Selanjutnya, hubungkan teman-teman seperjalanan Anda dalam aplikasi tersebut. Tenang saja, apabila ponsel Anda kehabisan daya, GoHeart menyediakan sebuah tombol khusus untuk mengirim sinyal darurat ke teman Anda.

Meski dikatakan bahwa GoHeart digunakan untuk aktivitas luar ruang, tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk menggunakannya di kota besar atau daerah lain yang penerimaan sinyalnya buruk. Kelebihan lainnya, GoHeart dibekali dengan sertifikasi IPX6 agar tahan dengan kondisi cuaca ekstrim. [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
sinyal,
#
outdoor,
#
goheart