MENU
icon label
image label
blacklogo

Gelang Pintar, Solusi Berkomunikasi dengan Perangkat Digital

JUN 25, 2018@09:00 WIB | 707 Views

(Gelang pintar untuk mengendalikan berbagai perangkat digital)

Berbekal kemajuan teknlogi, pilihan untuk berkomunkasi dengan perangkat digital semakin bervariasi. Sebelumnya, manusia mesti mengandalkan kontak fisik untuk berhubungan dengan [ernagkat digital. Namun semakin lama perintah suara menjadi hal yang biasa. Kini perangkat digital dapat dikendalikan dengan mengandalkan pikiran Anda.

(Ada 16 sensor untuk memindai gerakan syaraf penggunanya)

Setidaknya itulah yang dijanjikan CTRL-Labs, sebuah startup yang berbasis di New York. Alih-alih menciptakan perangkat yang digunakan di kepala, perusahaan rintisan ini mengembangkan sebuah gelang yang akan memindai aktivitas saraf penggunanya untuk berkomunikasi dengan berbagai perangkat digital.

(Gelang ini akan mengidentifikasi gerakan tangan tertentu ketika mengendalikan perangkat IoT)

Gelang ini dibekali dengan 16 sensor yang disusun melingkar. Hasilnya, gelang ini menjadi sebuah perangkat yang sangat sensitif dengan gerakan tangan penggunanya. Dengan adanya alat ini, ide menggunakan perangkat digital, khususnya perangkat Internet of Things. Menariknya, dengan menggunakan gelang tersebut, penggunannya dapat mengetik lebih dari 200 kata tanpa bantuan keyboard fisik.

(Hingga saat ini, gelang pintar besutan CTRL-Labs masih terus dikembangkan)

Masalahnya, gesture tangan bukan sesuatu yang mudah untuk diidentifikasi dengan tepat. Pasalnya banyak gerakan tangan yang terbilang umum, misalnya menunjuk, mengepalkan tangan dan sebagainya. Untuk itu STRL-Labs masih mengembangkan purwa rupa gelang ini agar lebih mudah membedakan gerakan biasa dan gerakan yang dimaksudkan untuk mengendalikan perangkat digital.

"Kami berpikir bahwa lengan Anda bertindak sebagai pipa informasi dari otak Anda ke dunia," kata Adam Berenzweig, direktur R & D di CTRL-Labs. "Kami tidak memiliki terlalu banyak cara lain untuk mendapatkan informasi dari otak, kecuali melalui gerakan otot." [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
iot,
#
bracelet