MENU
icon label
image label
blacklogo

Futur-E Hydrofoil: Desain Speedboat Masa Depan Dengan Performa Supercar

AUG 21, 2021@17:00 WIB | 261 Views

CentrostileDesign membuat desain untuk speedboat modern yang dapat melaju layaknya supercar namun di atas air.

Futur-E merupakan sebuah desain yang dibuat oleh pendiri CentrostileDesign, Davide Cipriani, dan diperkenalkan minggu ini.  Dengan bentuk yang mirip supercar dan memiliki kinerja yang sebanding (namun di atas air), Futur-E menjadi gambaran canggih tentang masa depan mobilitas pribadi di atas air.

Dalam sebuah acara virtual Travel Month, muncul berbagai ide dan salah satunya adalah Futur-E, sebuah desain speedboat e-foil yang hadir dengan nol emisi, nol kebisingan, dan nol gelombang tetapi dengan gaya futuristik.

Speedboat hydrofoil bukanlah hal baru, karena kapal dengan foil yang dapat meluncur di atas air telah ada sejak lama, dan popularitasnya disebabkan oleh fakta bahwa mereka dapat menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi, peningkatan efisiensi dan perjalanan yang lebih nyaman secara keseluruhan.

Baca juga: Aptera the Sol: Kendaraan Elektrik Beroda Tiga dengan Desain Futuristik

Begitu juga dengan Future-E, tetapi lebih menonjol berkat desainnya yang khas. E-foil di sini sebenarnya adalah empat sayap yang dapat ditarik yang menyebar dari badan kapal saat mencapai kecepatan tertentu. Mereka sepenuhnya terintegrasi ke dalam badan kapal, sehingga memungkinkan gesekan minimal saat tidak diperpanjang. Future-E juga dapat difungsikan sebagai kapal biasa.

Menyerupai mobil sport, Future-E hadir dengan bagian atas terbuka atau kokpit tertutup. Dalam versi terakhir, Future-E memiliki pintu menggunting untuk penampilan yang lebih dramatis di atas air. Sayap yang dapat ditarik juga dapat digunakan untuk menopang ketika Future-E disimpan di garasi kapal pesiar, atau bahkan di medan yang tidak rata di dermaga.

CentrostileDesign membayangkan Futur-E dengan sistem kinematik yang terinspirasi otomotif, seperti suspensi pada mobil Formula 1. Aktuator elektro-hidraulik dan giroskop mengelola setiap foil secara independen, mengurangi gerakan yang tidak diinginkan dan menghasilkan kemudi yang stabil dan mulus setiap saat.

Baca juga: Robot Tuna Berhasil Berenang Dengan Kecepatan Seperti Ikan Asli

Propulsi akan melalui mesin tempel atau dalam yang dipasangkan dengan baling-baling permukaan. Dengan berbagai paket daya, Future-E dapat meluncur dengan kecepatan tertinggi hingga 30 knot. Pada kecepatan 8 knot, e-foil akan mulai mengangkat kapal ke atas, dan mode Full Foiling akan dicapai pada kecepatan 16 knot.

Dengan tempat duduk untuk tiga penumpang dan pilot, Futur-E dapat berfungsi sebagai dayboat atau tender, atau bahkan sebagai kapal eksplorasi ketika dimasukkan ke dalam garasi tender superyacht explorer. Tata letaknya pun minimalis, dengan bangku penumpang di bagian belakang dan dasbor di kokpit yang terdiri dari cover layar.

Namun belum ada rencana untuk mewujudkan konsep ini. Setidaknya sampai CentrostileDesign mencatat bahwa mereka telah menjalankan tes dan simulasi untuk foil dan lambung dalam tangki uji virtual (CFD), serta untuk sistem kinematik terintegrasi pada foil yang hasilnya mengkonfirmasi validitas konsep.[dhe/shf/timBX]

Tags :

#
futur-e hydrofoil,
#
speedboat masa depan,
#
speedboat,
#
speedboat dengan performa supercar

RELATED ARTICLE