MENU
icon label
image label
blacklogo

Diklaim Lebih Efisien, Teknologi Ini Akan Menggantikan Busi Konvensional Di Masa Depan

JUN 13, 2022@18:30 WIB | 212 Views

Transient Plasma Systems sedang mengerjakan sistem pengapian canggih terbaru yang dapat menggantikan busi tradisional di mesin pembakaran internal. Sistem ini dapat mengurangi emisi dan meningkatkan efisiensi mesin pembakaran internal sebanyak 20%.

Mesin pembakaran internal sudah mulai ditinggalkan oleh banyak pabrikan otomotif dunia dan beralih ke elektrifikasi, tetapi ini tidak berarti mesin pembakaran internal akan tiba-tiba menghilang waktu dekat. Untuk banyak aplikasi tugas berat, mesin pembakaran akan tetap menjadi solusi terbaik yang tersedia untuk sekarang. Inilah sebabnya mengapa masih ada gunanya mencari cara untuk meminimalkan emisi dan meningkatkan efisiensi.

Transient Plasma Systems (TPS) telah mendemonstrasikan modul pengapian yang menggunakan plasma nanosecond pulse untuk menyalakan campuran udara-bahan bakar di dalam silinder mesin. Sistem ini bisa menawarkan pengganti drop-in untuk busi tradisional yang memulai ledakan di dalam mesin. Sebuah modul pengapian akan menggantikan busi, dikendalikan oleh modul daya. Sistem manajemen mesin menangani sisanya, karena perlu mempertimbangkan teknologi baru.

Untuk menunjukkan kelayakannya, TPS telah memasang sistemnya pada mesin Toyota Camry 2.5 liter yang berjalan dalam siklus Atkinson yang efisien, dengan efisiensi termal sekitar 40%. Sistem pengapian plasma baru ini mendorong pemetaan ulang sistem manajemen mesin yang lebih efisien, dengan katup EGR dibuka sedikit lebih banyak dan pengaturan waktu baru. Hal ini memungkinkan mesin untuk menghemat hingga 6% bahan bakar dibandingkan dengan sistem pengapian tradisional.

Sistem pengapian TPS menunjukkan toleransi yang lebih baik terhadap lean-burn dibandingkan dengan sistem pengapian standar. Hal ini dapat menghasilkan penghematan bahan bakar hingga 20%, seperti yang ditunjukkan oleh hasil simulasi sebelumnya dalam laporan tahun 2020 oleh Sandia National Labs. Bagian terbaiknya adalah sistem pengapian baru ini juga dapat ditawarkan sebagai solusi aftermarket. Ini akan membutuhkan pemetaan ulang mesin, tetapi ini adalah sesuatu yang selalu dilakukan oleh para tuner dan penggemar otomotif. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
plasma ignition,
#
spark plug,
#
busi,
#
inovasi,
#
penemuan,
#
otomotif,
#
mesin pembakaran internal