MENU
icon label
image label
blacklogo

Di Masa Depan, Cat dan Plastik Bisa Digunakan Untuk Menyembuhkan Luka

OCT 17, 2018@09:00 WIB | 340 Views

(Apa jadinya kalau plastik bisa digunakan untuk menyembuhkan luka?)

Bagaimana jadinya jika cat, plastik, bahkan lapisan pelindung seperti yang digunakan pada layar ponsel Anda mampu juga digunakan untuk menyembuhkan kulit yang terluka? Pasti akan menciptakan kehebohan di dunia ilmiah, Black Pals.

Tetapi jangan salah, beberapa peneliti dari Universitas Clemson sedang berusaha mewujudkan hal tersebut. Bahkan dikabarkan penelitian ini akan segera menemui titik terang dan siap untuk diproduksi.

(Rahasia penelitian di Clemson adalah material self-healing polymer)

Teknologi self-healing polymer adalah basis dari keajaiban science yang akan muncul ini. Sebenarnya, teknologi ini bukan hal yang baru lagi. Beberapa ilmuwan sudah menggunakannya puluhan tahun silam. Namun penggunaannya hanya dalam porsi kecil saja. Pasalnya, untuk membuat bagian kecil itu saja dibutuhkan dana yang tidak sedikit.

Nah, berangkat dari konsep yang sama, para peneliti Universitas Clemson melakukan pendekatan yang berbeda. Alih-alih menciptakan alat baru dengan kemampuan serupa, para peneliti ini hanya memberikan kemampuan menyembuhkan diri pada bahan polymer yang sudah digunakan dalam produk berharga terjangkau.

(Ilustrasi cara kerja self-healing polymer)

Terobosan ini dikatakan memiliki kemampuan menyembuhkan yang sangat baik. Nantinya material copolymer ini akan mampu menyesuaikan diri dengan bagian lain berbahan sama.

Hasil penelitian ini sebenarnya sudah siap untuk diproduksi secara massal. Mark Urban, salah satu profesor yang tergabung dalam penelitian ini mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu investor yang satu visi dengan penelitian mereka. [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
self healing,
#
polymer,
#
patch,
#
science