MENU
icon label
image label
blacklogo

Deteksi Dini Kanker Anda dengan Butterfly iQ, Obyeknya Terlihat di Layar iPhone

OCT 30, 2017@18:00 WIB | 995 Views

Teknologi kedokteran semakin maju dan user friendly. Artinya kemampuan deteksinya semakin canggih, cukup dengan bantuan smartphone.  Sebuah alat seukuran saku berbasis teknologi ultrasound diciptakan oleh Butterfly Network, yang bermarkas di Connecticut, Amerika Serikat.  Alat tersebut diberi nama Butterfly iQ, yang bekerja sebagai mesin pencitraan (imaging machine) untuk ultrasounds yang kompatibel dengan iPhone.

Hal itu dibuktikan oleh seorang ahli bedah vascular, John Martin. Ia merasakan ketidaknyamanan di tenggorokan. Dengan bantuan Butterfly iQ, ia menemukan sel kanker squamous, setelah mendeteksinya dengan bantuan Butterfly iQ dan iPhone. Mesin seukuran saku berteknologi ultrasound machine, dibuat  oleh perusahaan berbasis semiconductor, yang secara teknologi lebih serbaguna dan murah.

Butterfly  dibekali device yang diberi nama capacitive micro-machined ultrasound transducers (CMUTs),  dengan ukuran yang kecil, bekerja sebagai pemancar ultrasonik yang ditempatkan pada chip semikonduktor. Martin mengungkapkan alat ini dibelinya secara individu. “Melalui alat ini, memberikan Anda kemampuan untuk melakukan pemeriksaan cukup di tempat tidur Anda. Dan gerakkan alat ini ke seluruh Anda untuk mendeteksi tubuh,” jelas Martin.

Padahal alat yang berbasis system ultrasound  biasanya dijual dengan harga USD 115 ribu, dengan harga paling murahnya mencapai USD 25 ribu. The Butterfly iQ dijual dengan harga kurang dari USD 2.000.  Alasannya miringnya harga tersebut, karena sebagian besar teknologi telah diperkecil dan dirangkai dalam microchip. Pihak Butterfly Network akan menjual alat ini dengan USD 1.999, dan pengiriman dimulai tahun depan.

Martin pun cukup percaya, di masa depan, alat medis dapat dibawa kemana saja.”Jika Anda memiliki jendela ke dalam tubuh Anda, dimana semua orang bisa membelinya. Semua orang bisa menggunakannya, sekaligus menafsirinya, menjadikan Butterfly iQ tersebut lebih dari sekedar  ultra sound,” jelas Martin.

Butterfly Network bergerak mengembangkan teknologi semikonduktor pada biologi, pada tahun 2011. Dalam waktu rentang 8 tahun, Jonathan Rothberg  mendapatkan gagasan untuk membuat perangkat ultrasound yang bisa dibeli di pasar. Khusus Butterfly iQ, merupakan teknologi terbaru yang diciptakan untuk mendiagnosis bentuk kanker, dengan keterlibatan iPhone.[Ahs/timBx]

Tags :

#
blackbox,
#
butterfly iq,
#
iphone