MENU
icon label
image label
blacklogo

CanguRo, Robot Asisten Pintar yang Mampu Membawa Anda Kemana Saja

JUL 09, 2018@09:00 WIB | 705 Views

(CanguRo, robot asisten mutli fungsi)

Pernahkah Anda membayangkan memiliki sebuah kendaraan yang mampu berkomunikasi secara langsung dengan Anda? Hal ini bukan hanya terjadi di film saja, namun juga di dunia nyata. Dua orang teknisi dari Jepang, Shunji Yamanaka danTakayuki Furuta berhasil mewujudkan hal ini.

(CanguRo diambil dari bahasa Italia yang berarti Kanguru)

Keduanya membuat sebuah kendaraan robotic bernama CanguRo. Nama tersebut diambil dari sebutan kanguru dalam bahasa Italia. Alih-alih melompat, robot ini mampu membawa Anda ke mana saja dengan tiga rodanya.

CanguRo dibekali dengan dua roda di bagian depan dan satu roda di bagian belakang. Menariknya, ketiga roda ini memiliki sudut putar yang fleksibel sehingga memampukannya untuk bermanuver di ruangan sempit sekalipun.

(CanguRo dibekali dengan dua mode yang dapat digunakan)

Sebagai sebuah robot asisten, CanguRo dapat difungsikan untuk membawa barang yang berat. Ketika hendak digunakan sebagai alat transportasi, robot ini akan sedikit merebahkan dirinya dan mengeluarkan sebuah jok dari punggungnya. Pemiliknya dapat mengatur agar CanguRo berjalan secara otomatis dengan tujuan yang ditetapkan sebelumnya.

(Ketika dikendarai, robot ini dapat melaju dengan kecepatan 10 Km/jam)

Untuk menjalankan fungsi otomatis tersebut, CanguRo memiliki teknologi pengenalan gambar. Hasilnya, CanguRo dapat menghindari berbagai rintangan yang berada di depannya tanpa harus dikendalikan oleh pemiliknya. Teknologi self-driving yang akhir-akhir ini populer akan dapat ditemukan di CanguRo.

CanguRo sendiri dapat dikendalikan secara manual oleh pemiliknya. Terdapat sebuah tuas gas untuk mendorong robot ini maju. Robot ini dapat melaju hingga kecepatan 10 km/jam. Sementara itu, fitur smart-stop-nya akan menghentikan CanguRo ketika mendeteksi adanya bahaya yang menanti penggunanya di depan.

(CanguRo dapat bermanuver dengan tajam)

Hingga saat ini, CanguRo masih dikembangkan oleh kedua teknisi tersebut. Ke depannya, CanguRo akan dibekali juga dengan kemampuan berbicara untuk meningkatkan pengalaman ketika menggunakan robot ini. Sepertinya, transformers dalam versi berbeda akan segera terwujud melalui sosok CanguRo, mampu bekerja sebagai robot asisten namun dapat juga digunakan sebagai alat transportasi. [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
robotic,
#
vehicle,
#
asisten,
#
canguro