MENU
icon label
image label
blacklogo

Bukan Hanya Ponsel, Gitar Pun Sudah Modular

JUL 04, 2018@09:00 WIB | 544 Views

(Bukan hanya ponsel, kini gitar juga hadir dengan konsep modular)

Bagi sebagian besar musisi, membawa alat musik dalam perjalanan bisa jadi hal yang sangat merepotkan. Pasalnya, ada batasan yang boleh dibawa oleh seseorang, misalnya ketika menaiki pesawat. Suka atau tidak, kebanyakan alat musik memiliki ukuran yan cukup besar. Untuk itulah Ian Reddick membangun sebuah alat musik modular. Ia menamakannya Mercury Modular Guitar.

(Gitar ini diberi nama Mercury Modular Guitar)

Sesuai dengan namanya, Mercury Modular Guitar merupakan sebuah gitar yang dapat dibingkar pasang. Ketika dibongkar, gitar ini dapat masuk ke dalam koper yang cukup untuk di tempatkan di kabin ketika menggunakan pesawat. Reddick sendiri memulai proyek Mercury ini sejak tahun 2013.

(Seluruh bagian dapat dibongkar pasang)

Butuh dua tahun bagi Reddick untuk merampungkan gitar buatannya. Bagian terpenting dari gitar ini adalah bahan aluminium untuk beberapa bagian, misalnya di bagian bridge, panel bodi bawah dan atas, pickup dan boks elektronik serta slot untuk memasang neck gitar. Nah, semua komponen elektrik ini akan disambungkan menggunakan sistem sambungan khusus.

(Mercury Modular Guitar dapat disimpan di dalam koper)

Menariknya, pengguna gitar ini hanya memerlukan waktu kurang dari dua menit untuk merangkainya. Mengandalkan sistem pulg and play, pengguna tidak perlu menggunakan alat khusus untuk merangkai gitar ini.

(Setiap bagian akan dikunci ketika disambungkan)

Didesain modular membuat Mercury Modular Guitar dapat dengan mudah dimodifikasi. Misalnya, penggunanya dapat mengganti pickup untuk mendapatkan suara yang berbeda. Bahkan kabarnya pengguna gitar ini dapat beralih ke mode double neck. Reddick bahkan menyiapkan beberapa modul untuk mengakomodasi keinginan para pemusik yang hendak memakai gitar buatannya.

(Bagian neck, pickup dan bagian lain dapat diganti sesuai keinginan)

Mercury Modular Guitar belum diproduksi hingga saat ini. Namun harganya dipastikan bisa mencapai US$2,099 atau sekitar Rp30 jutaan. [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
guitar,
#
modullar,
#
music