MENU
icon label
image label
blacklogo

Bosch Ciptakan SoundSee Berteknologi AI Untuk Mendeteksi Suara Mesin Ketika Bermasalah

OCT 21, 2019@17:00 WIB | 631 Views

Bosch mengembangkan teknologi bertenaga kecerdasan buatan guna mendeteksi dan melihat diversifikasi suara. Pihak Bosch menyebutknya sebagai SoundSee yang dengan ukuran kotak makan siang Anda, yang ikut diluncurkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 2 November. 

Target yang dingin didapatkan adalah data yang dikumpulkan selama proyek percontohan akan  membantu perusahaan menyempurnakan teknologi untuk beragam penggunaan lain yang berpotensi mencakup otomotif, smartphone, industri, dan infrastruktur.

"Sounds memiliki banyak kemampuan menangkap cerita namun kami belum dalam ekstraksi secara mendalam. Berkat A.I., kami mungkin  memiliki kesempatan untuk mengekstraksi cerita-cerita itu,  dan menggunakannya sebagai tambahan pada kemampuan  penginderaan lain yang kami miliki, ”jelas Samarjit Das,  pemimpin proyek dan peneliti utama SoundSee, dikutip dari laman Digital Trends.

Soundsee dikembangkan melalui kemitraan dengan Astrobotics dan NASA.  SoundSee akan terbang ke luar angkasa pada misi Northrop Grumman ke-12, dan akan berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Begitu tiba, modul Soundsee akan dipasang ke robot otonom terbang yang  dinamai AstroBee yang melayang di sekitar stasiun ruang  angkasa untuk membantu para astronot. Hal ini sekaligus mendapat  kehormatan sebagai teknologi Bosch pertama yang  dikembangkan yang digunakan di luar angkasa.

Jika kemampuan robot AstroBee lebih fungsional sebagai kaki, maka fungsi SoundSee sebagai otaknya. Saat robot bergerak di sekitar stasiun, modular akan menggunakan mikrofon internal untuk mendengarkan suara-suara di sekitarnya, dan membuat peta intensitas suara 3D dari lingkungannya. Modul ini akan mengubah suara menjadi data yang akan dianalisis oleh A.I. 

Perangkat lunak ini akan melukis gambar seperti apa mesin yang seharusnya terdengar.  Kemudian, saat naik di sekitar stasiun di atas AstroBee, SoundSee memfungsikan telinga digitalnya untuk menangkap untuk hal-hal yang tidak biasa. Jika mobil Anda tiba-tiba terdengar seperti mixer semen, Anda tahu ada sesuatu yang tidak biasa, dan Anda (semoga) menepi.

Mesin terkadang membuat suara-suara yang tidak biasa sehingga telinga manusia tidak  dapat dengan mudah dideteksi, menurut Bosch. Pemantauan kebisingan lebih penting bagi para astronot.  Mereka para astronot, terjebak dalam kotak apung selama berbulan-bulan tanpa  jalan keluar, jadi menjaga level di bawah 60 desibel adalah  kunci untuk menjaga kesehatan mental mereka. 

Untuk itu, mereka perlu melakukan pemeriksaan suara manual yang  terkadang memakan waktu berjam-jam untuk menyelesaikannya. Dengan menggunakan SoundSee di papan adalah cara untuk memberi  mereka lebih banyak waktu luang untuk melakukan eksperimen.

SoundSee akan memulai karirnya di NASA dengan tiga tugas utama. Selain memastikan tingkat kebisingan di dalam stasiun tetap di bawah 60 desibel, itu akan memantau kontrol lingkungan onboard dan sistem pendukung kehidupan, yang melakukan berbagai fungsi penting termasuk menyerap CO2 dan daur ulang oksigen. 

Soundsee juga akan mendengarkan irama treadmill, yang merupakan salah satu peralatan yang paling  sering digunakan di stasiun ruang angkasa. Bosch bekerja dengan astronot saat ini dan sebelumnya untuk mengidentifikasi kasus penggunaan ini.

Kembali ke tanah yang kokoh, Das mengatakan kepada Digital Trends timnya memiliki banyak ide lain dalam pikiran begitu SoundSee keluar dari fase pilot. Seperti yang kami sebutkan, itu bisa memberi tahu Anda bagian dari mobil Anda akan rusak sebelum meninggalkan Anda terdampar di sisi jalan. 

Pemantauan suara tidak akan menyelesaikan setiap masalah, ia menekankan, tetapi mengisolasi suara dan menganalisisnya dapat mengurangi waktu henti. Ini mungkin berarti mobil Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu di toko, dan biaya Anda lebih sedikit saat keluar. Atau, itu bisa memastikan Anda dan keluarga Anda tidak harus menahan hujan dingin sambil menunggu tukang ledeng.

“Ini adalah proyek penelitian, jadi kami akan belajar banyak hal dari data yang dikumpulkan. Kemudian, kami akan meluncurkan penyelidikan tentang bagaimana lagi kita dapat menggunakan teknik  A.I. untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat," tutup Das menyimpulkan.[Ahs/timBX]

Tags :

#
bosch,
#
soundsee,
#
astrobee,
#
nasa,
#
ai,
#
northrop grumman