MENU
icon label
image label
blacklogo

Baju Ini Jadi Tahap Awal Pengembangan Iron Man

FEB 01, 2017@22:00 WIB | 690 Views

Exosuit atau semacam baju zirah canggih seperti yang di film superhero Iron Man kini sedang banyak dikembangkan. Intinya, baju ini mampu meningkatkan kemampuan fisik penggunanya. Mungkin belum secanggih Iron Man yang bisa membuat penggunanya terbang atau mengeluarkan tenaga menembus tembok, tapi tetap dapat meningkatkan kemampuan penggunanya.

Functional apparel adalah namanya, dan saat ini sedang diuji dengan menempelkan 7 sensor pemindai gerakan dan tenaga. Proyek ini adalah hasil kembangan beberapa peneliti dari harvard University School of Engineering and Applied Sciences.

Exusuit disebar dan dipasang pada beberapa lokasi seperti pergelangan kaki, dan lutut, lalu pinggang dan bermuara pada sabuk di pinggang dengan koneksi kabel, sehingga membentuk semacam otot tambahan, menambah kekuatan organ-organ yang dorongkannya.

Selain meningkatkan kemampuan tubuh, alat ini juga meminimalisasi bebean kerja organ-organ tubuh kita. Nah, saat diuji dengan treadmill, terbaca jika kalori yang terbuang memang lebih sedikit, setidaknya 23%. Memang perangkat ini belum bisa seperti Iron Man, tapi setidaknya jalan ke sana sudah dibuka. Mari kita tunggu saja perkembangannya. [leo/timBX]

Tags :

#
functional apparel,
#
blackbox,
#
iron man,
#
exosuit