MENU
icon label
image label
blacklogo

Aptera Kembali, Hadirkan Kendaraan Listrik Dengan Konsep ‘Never Charge’

DEC 09, 2020@16:30 WIB | 278 Views

Aptera, perusahaan yang tutup pada 2011 setelah gagal mendapatkan pendanaan untuk mobil listrik roda tiga, kembali dengan kendaraan listrik tenaga surya baru yang diklaimnya tidak pernah membutuhkan pengisian.

Dan dengan baterai 100 kWh, model teratasnya diprediksi bisa mencapai jangkauan hingga 1.000 mil.

Kendaraan beroda tiga, dua orang (atau dua orang dewasa plus hewan peliharaan, seperti yang disarankan spesifikasinya) memiliki susunan atap surya yang dapat menyediakan jangkauan hingga 45 mil per hari, jadi jika Anda memiliki model teratas itu dan tambahkan biaya dari panel surya saat diparkir, maka kisaran 1.000 sangat memungkinkan. Meskipun, seperti yang ditunjukkan oleh Car and Driver, kendaraan tidak hanya menggunakan tenaga surya saat mengemudi.

“Dengan teknologi Never Charge Aptera, Anda digerakkan oleh kekuatan matahari. Panel surya internal kami menjaga baterai Anda tetap terisi dan kemanapun Anda ingin pergi, Anda pergi saja,” kata salah satu pendiri Aptera, Chris Anthony, dalam siaran pers.

“Never Charge dibangun di setiap Aptera dan dirancang untuk mendapatkan cukup sinar matahari untuk melakukan perjalanan lebih dari 11.000 mil per tahun di sebagian besar wilayah.”

Kendaraan itu melengkung dan ringan jika melihat gambar dan spesifikasi, dan memiliki koefisien hambatan hanya 0,13 (sebagai perbandingan yaitu Tesla Model 3 memiliki koefisien hambatan 0,23, dan SUV listrik Volkswagen ID 4 berada di 0,28) . Kendaraan penggerak roda depannya dapat melaju dari nol hingga 60 mph dalam waktu 5,5 detik, dan model penggerak tiga roda dapat mencapai 60 mph dalam waktu 3,5 detik.

Pre-order untuk model Paradigm dan Paradigm Plus Aptera telah dibuka saat ini, dengan deposit yang dapat dikembalikan sebesar 100 US Dollar. Harganya akan berkisar antara 25.900 US Dollar dan 46.000 US Dollar—atau lebih untuk kendaraan khusus—dan perusahaan memiliki rencana untuk mengirimkannya pada tahun 2021.

Pada tahun 2011, Aptera ditutup setelah tidak dapat memperoleh pinjaman 150 juta US Dollar untuk memproduksi Aptera 2e, yang disertifikasi oleh Departemen Energi AS. Presiden dan CEO Paul Wilbur mengatakan pada saat itu bahwa perusahaan telah "menyumbangkan teknologi baru untuk membangun masa depan untuk pengemudian yang lebih efisien".  [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
aptera,
#
kendaraan listrik,
#
konsep ‘never charge’,
#
mobil listrik,
#
mobil listrik roda tiga,
#
inovasi teknologi