MENU
icon label
image label
blacklogo

Ampas Kopi di London Diolah Menjadi Campuran Bio Diesel

DEC 01, 2017@13:00 WIB | 975 Views

London menjadi kota pertama yang untuk uji coba penggunaan bahan bakar bio fuel dari ampas kopi. Argent Energy sebuah perusahaan di London bermitra dengan Shell untuk proyek ini, untuk menggantikan bahan bakar yang digunakan jaringan bus di Inggris. Hasil olahan bekas kopi ini nanti akan menjadi Bio-Bean yang nantinya menjadi varian dari Bio Diesel.

Argent Energy menyebutkan untuk membuat B20, pihaknya berusaha mengekstrak minyak dari sampah bekas kopi.  Hasilnya nanti dicampur dengna lemak dan minyak lain,kemudian diaduk dengan mineral diesel untuk menghasilkan 20 persen dari biocomponent.  Ketika hasil ekstraksi ini digunakan oleh bus London, maka akan mengurangi emisi karbon dioksida dari 10-15 persen.

Di London, Bio-bean dihasilkan dari pemrosesan 50 ribu ton sampah kopi setiap tahun.  Jumlah tersebut baru sekitar seperempat ampas kopi yang ada terbuang di London.  Kedengarannya cukup efektif bagi lingkungan. Akan tetapi, harus diperhitungkan kembali apakah pengolahan ampas kopi mengakibatkan polusi lebih banyak atau sebaliknya. Tidak ada yang tahu data tersebut.

Yang jelas, arah pengelolaan ampas kopi menjadi campuran B20 sudah menjadi tekad yang baik dan benar.  Keuntungan tersebut membuat sebuah prakarsa yang bagus untuk penyelamatan lingkungan.  Tahap pertama proyek ini direncanakan menghasilkan 6000 liter coffee oil untuk BBM beberapa bus London yang dipilih. 

Di tahap selanjutnya,  perusahaan akan memproduksi pure blend  untuk diaduk bersama lemak dan minyak lainnya sebagai campuran B20. Ide ini mungkin bisa dijadikan kiblat renewable energy yang ada di negara kita. [Ahs/TimBX]

Tags :

#
blackbox,
#
renewable energy,
#
ampas kopi,
#
bio diesel,
#
b20,
#
argent energy,
#
shell