MENU
icon label
image label
blacklogo

Adu Cerdik Robot Ski, Ajang Pembuka Winter Olympics

FEB 15, 2018@09:00 WIB | 791 Views

Robot Ski merupakan robot ke sekian kalinya diciptakan untuk pertunjukan olah raga. Sebelumnya ada robot sumo wrestling dan robot soccer yang telah memiliki fans base sendiri. Robot tersebut dibuat untuk memeriahkan Winter Olympics yang akan berlangsung bulan ini di Pyeong Chang.

Ada delapan humanoid robot dibangun oleh perusahaan teknologi lokal yang bekerjasama dengan beberapa universitas untuk saling beradu berkompetisi slalom 80 meter.  Lintasan ski yang cukup curam,  menuntut para robot mampu bermanufer zig-zag presisi.Meski kenyataannya robot tersebut lebih banyak melakukan zig daripada zag.

Dibalik kemampuan zig-zag, ada peran sensor yang mengarahkan robot mampu berbelok dan mengontrol kecepatan secara otonom. Namun sebagian besar robot peserta menabrak rintangan dan terjatuh. Kinerja buruk humanoid robot tersebut dipengaruhi temperature yang dingin. Meski begitu tetap menyenangkan untuk ditonton.

Salah satu robot yang menang dibuat oleh Mini Robot Corp dari Yeonsu didekat Seoul. Robot tersebut setinggi 125 sentimeter dan berat 43 kg yang mampu melakukan putaran 180 derajat yang cukup mengesankan. 

Team Leader Sam Kim menyatakan bahwa kecepatan reaksinya merupakan kunci bagi robot. “Secara cepat robot itu memproses data penglihatan dan menyesuaikan gerakan motornya secara cepat, dan tepat dalam melakukan giliran.”

Kontes robot ini diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan dan Industri Korea Selatan bekerjasama dengan Korea Institute for Robot Industry Advancement sebagai bagian dari stategi menampilkan teknologi lokal selama Winter Olympics.

Disisi lain cukup menyedihkan ketika beberapa robot harus rusak, dalam menghadapi rintangan.  Selama olimpiade musim dingin akan banyak robot yang tampil sepertil multilingual robot untuk menolong pengunjung, robot drinks serving, self driving machines untuk membersihkan lantai.  Lebih dari itu, ada sebuah robot dinding yang mampu membuat lukisan mural yang rumit sesuai dengan permintaan pengunjung. [Ahs/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
robot ski,
#
winter olympics,
#
humanoid robot