MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Merawat Busi di Musim Hujan

DEC 08, 2015@12:00 WIB | 2,402 Views

Busi merupakan komponen yang berfungsi memberikan percikan api pembakaran pada kendaraan. Ketika musim penghujan datang dan jalanan banyak terdapat genangan air maka peranti yang satu ini wajib mendapat perhatian ekstra. Hal ini guna mencegah kendaraan Anda bermasalah di kemudian hari.

Busi sendiri memiliki usia pakai tertentu. Untuk kendaraan roda dua atau motor masa pakai peranti satu ini adalah lima ribu kilometer. Sedangkan untuk mobil masa pakai busi adalah sepuluh ribu kilometer. Tentunya jangka waktu tersebut tergantung pemakaian dari kendaraan sendiri. Jika kendaraan kesayangan Anda sering menempuh medan berat atau memuat beban berlebih maka pergantian peranti tersebut sebaiknya dilakukan lebih dini.

Jika Anda kerap melintasi jalanan yang tergenang oleh air, maka busi kendaraan kesayangan Anda perlu mendapatkan perlakuan khusus. Gunakan sealant atau isolasi guna mencegah air masuk dan membasahi bagian kepala dari busi. Adapun untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan sebisa mungkin hindari jalanan yang tergenang.

Sebagai salah satu bagian dari pengapian kendaraan, busi juga dapat dibersihkan. Namun yang perlu diperhatikan dalam membersihkan busi adalah agar tidak menggunakan sikat kawat. Pergunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian atas busi dengan cara menyikatnya dengan menggunakan sedikit bensin. Hal tersebut tidak berlaku bagi busi berjenis iridium, karena busi jenis ini tidak perlu dibersihkan.

Salah satu faktor yang dapat membuat busi menjadi kotor adalah penggunaan bahan bakar yang tidak bagus. Perilaku tersebut dapat membuat busi berkerak dan akibatnya proses pembakaran menjadi terganggu. Setiap pabrikan mobil ataupun motor tentunya telah memberikan rekomendasi bahan bakar yang sesuai dengan kendaraan kesayangan Anda. Oleh karena itu pergunakan bahan bakar sesuai dengan rekomendasi pabrik. [dw/timBX]
 

Tags :

#
tips merawat busi,
#
tips,
#
auto tips,
#
tips busi kendaraan,
#
tips otomotif