MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Menjaga Stamina Saat Touring Motor

JAN 19, 2022@17:00 WIB | 321 Views

Kegiatan touring motor adalah hal yang menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama-sama. Kegiatan ini tentunya bisa menjadi pilihan di kala liburan setelah melakukan pekerjaan yang tidak ada habisnya. Touring motor sendiri pada umumnya membutuhkan waktu yang lama, bahkan bisa seharian penuh atau lebih tergantung rute yang dipilih.

Sama halnya dengan aktivitas luar ruangan seperti mendaki gunung, touring juga menuntut persiapan fisik yang memadai, sehingga butuh persiapan khusus untuk menghadapinya. Oleh karena itu, untuk kamu yang berencana melakukan touring, simak beberapa tips berikut untuk menjaga stamina saat touring motor:

1. Lakukan latihan fisik

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menjaga stamina saat touring motor adalah dengan melatih kesiapan fisik sebelum melakukan touring motor. Luangkan waktu setiap hari setidaknya 10-20 menit untuk melakukan gerakan olahraga seperti push up, sit up, lari, dan gerakan lainnya yang melatih otot jantung. Dengan melakukan latihan fisik, rasa lelah saat berkendara jarak jauh tidak akan terlalu dirasakan.

2. Istirahat yang cukup

Hal kedua yang harus diperhatikan ketika akan melakukan touring motor adalah istirahat dengan cukup dengan tidur selama 8 jam setiap hari. Tak hanya mengistirahatkan otot, istirahat yang cukup juga berfungsi untuk meningkatkan imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Hindari begadang terutama menjelang touring agar touring motor yang sudah direncanakan tidak berantakan.

3. Makan secukupnya

Tips berikutnya untuk menjaga stamina saat touring motor adalah dengan makan secukupnya. Dengan makan terlalu banyak, maka otomatis aliran darah dari kepala akan membantu proses pencernaan makanan sehingga dapat otak jadi kekurangan oksigen dan bisa menimbulkan rasa kantuk saat berkendara. Sebaiknya makan secukupnya saja dengan makanan yang tinggi protein dan serat serta lakukan peregangan otot setiap kali beristirahat.

Selain itu, jangan lupa minum agar kandungan elektrolit dalam tubuh tidak hilang sehingga konsentrasi ketika melakukan touring motor tetap terjaga dengan baik.

Demikian beberapa tips menjaga stamina saat touring motor. Agar touring motor yang dilakukan tidak menemui hambatan, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan yang sehat dan bugar karena touring adalah salah satu kegiatan yang membutuhkan ketahanan fisik yang mumpuni. Selain itu, jangan terlalu memaksakan diri untuk berkendara, beristirahatlah jika rasa kantuk dan lelah mulai menyerang untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. [fkg/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
auto tips,
#
tips motor