MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Berkendara Aman Saat di Tanjakan atau Tikungan Curam

MAR 20, 2018@14:46 WIB | 224 Views

Berdarmawisata bersama orang tercinta memang mengasyikan, apalagi berlibur ke daerah puncak yang lebih sejuk dan dingin udaranya.  Namun, siapa yang pernah bertamasya, namun mengalami hal yang menjengkelkan seperti, mobil yang tak kuat menanjak atau mengalami kecelakaan ketika menuruni jalanan?

Sebenarnya ada tips gampang sehingga liburan kamu bersama orang terdekat tidak terganggu oleh kondisi yang demikian menjengkelkan. Seperti berikut ini

1. Pastikan Performa Mobil Kamu Terjaga

Pertama kali adalah ini, kondisi mobil. Pastikan kondisi kendaraan terutama rem, rem parkir, dan kondisi kopling tetap baik. Sehingga ketika bepergian ke puncak pun, tidak masalah. Ingat, “men always maintain the performance of his car”

2. Jangan Memindahkan Posisi Perseneling Ketika Berada di Tanjakan

Nah, biasanya pengguna mobil manual sering melakukan ini. Sebaiknya sebelum menanjak, pindahkan posisi perseneling dahulu ke gigi rendah, karena jika mengganti posisi perseneling di tanjakan, maka performa mobil akan hilang, sehingga mesin kemungkinan akan mati karena tidak sanggup menanjak. Kemungkinan lain adalah, mobil akan mundur terlebih jika pengendaranya panik karena mesin mati.

3. Ketika Pindah Gigi di Jalan Menurun, Injak Rem

Perpindahan gigi di jalanan menurun, seharusnya ditambah dengan menginjak rem, karena ketika perpindahan gigi pada mobil manual, mobil akan meluncur karena kopling yang diinjak. Gunakan gigi terendah sebagai engine brake pada jalanan menurun, untuk membantu rem sehingga tidak terlalu panas.[pram/timbx]

Tags :

#
autotips,
#
perseneling,
#
tanjakan,
#
tikungan,
#
curam