MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Efektif dan Efisien Mengendarai Mobil Listrik Untuk Perjalanan Jauh

JAN 03, 2022@17:30 WIB | 137 Views

Akhir-akhir ini sudah banyak mobil listrik yang berseliweran di jalan, dan sebagian besar pengemudi mobil listrik bahkan tidak akan mempertimbangkan untuk kembali ke mobil bensin. Meskipun demikian, mobil listrik masih memiliki reputasi buruk hari ini, berdasarkan kepercayaan umum yang ditempa ke dalam pikiran orang-orang bahwa mobil listrik adalah kendaran yang lamban dan tidak praktis seperti Nissan Leaf lama. Faktanya, mobil listrik modern dapat menempuh lebih dari 300 mil (482 km) dalam keadaan baterai penuh dan stasiun pengisian cepat dapat mengisi ulang dalam waktu kurang dari setengah jam.

Lucid Air misalnya, dengan jangkauan EPA 520 mil (837 km), memiliki jangkauan yang lebih jauh jika dibandingkan dengan mobil bensin. Dicolokkan selama 20 menit ke tempat pengisian cepat, baterai Lucid Air akan memiliki cukup daya untuk menempuh jarak 300 mil.

Ketika berbicara tentang mobil listrik, masih banyak yang menganggap bahwa mobil listrik tidak praktis karena memiliki jangkauan dan kemampuan yang terbatas. Walau demikian, mobil listrik baru di pasaran sama bagusnya dengan mobil bensin dan bahkan menjadi kendaraan yang luar biasa untuk perjalanan jauh. Hanya saja pengemudi perlu merencanakan beberapa hal untuk membuat perjalanan dengan mobil listrik menjadi mulus tanpa kendala. Inilah yang harus Anda lakukan ketika melakukan perjalanan jarak jauh tanpa khawatir dengan kendaraan listrik.

Pemilik mobil listrik disarankan untuk mengisi baterai mobil hingga maksimal 80% untuk memaksimalkan daya tahannya, kecuali Tesla dengan baterai LFP yang lebih baru. Untuk perjalanan jauh, Anda harus mengisi daya mobil hingga 100%, untuk mendapatkan manfaat dari jangkauan penuh saat dibutuhkan. Perencanaan yang cermat dan pengisian yang lebih sering mungkin membantu, tetapi mengisi baterai sampai kapasitas 100% beberapa kali dalam setahun tidak akan terlalu merusak baterai.

Cara terbaik untuk mengisi daya mobil Anda adalah mengisi daya dengan lambat di rumah atau pengisi daya tujuan, tetapi jangan takut untuk menggunakan stasiun pengisian cepat saat dalam perjalanan. Arus dan suhu tinggi yang dihasilkan oleh pengisian cepat akan menambah beban pada baterai, tetapi pengalaman menunjukkan baterai mobil masih dalam kondisi yang baik setelah ratusan ribu mil dengan pengisian cepat yang intens.

Saat Anda mencolokkan ke stasiun pengisian cepat, ingatlah bahwa mengisi 20% terakhir baterai Anda mungkin akan memakan waktu lebih lama daripada untuk mencapai 80% pertama. Inilah sebabnya mengapa mungkin lebih sedikit memakan waktu untuk melakukan sesi pengisian daya yang lebih sering tetapi lebih pendek daripada menghabiskan seluruh baterai dan mencoba mengisinya hingga penuh.

Dengan sebagian besar mobil listrik, lebih baik menggunakan sistem navigasi terintegrasi, bahkan ketika Anda tahu tujuan Anda. Dengan cara ini, mobil akan mengkondisikan baterai untuk pengisian cepat saat Anda menuju ke stasiun pengisian. Ini berarti mengatur suhu baterai yang tepat untuk kecepatan pengisian tercepat, karena baterai dingin akan membutuhkan waktu lebih lama untuk diisi.

Dengan kendaraan listrik, bukan hanya cara Anda mengisi daya yang penting, tetapi juga cara Anda mengemudi. Hindari menggunakan rak atap atau kotak, karena ini membahayakan aerodinamis mobil, dengan pengurangan daya jangkau yang sangat besar. Memaksimalkan jangkauan juga berarti mengemudi secara benar. Kita tahu mobil listrik sangat menyenangkan untuk dikendarai ketika di putaran bawah, tetapi hal ini dapat menguras baterai. Saat pengereman, cobalah untuk menggunakan pengereman regeneratif sebanyak mungkin. Dengan cara ini, akan banyak energi dari pengereman yang akan ditransfer.

Tentu saja, Anda bisa menjadikan ini sebagai tips menghemat energi, seperti yang dilakukan dengan mobil bensin dalam menghemat bensin. Hypermiling dimungkinkan dengan mobil listrik, sehingga setiap teknik mengemudi hemat bensin akan bekerja untuk kendaraan listrik juga. Seperti, menjaga ban tetap dipompa dengan benar, mengantisipasi lalu lintas. Mobil listrik juga memiliki beberapa trik cerdas, seperti mode mengemudi ECO yang menghemat baterai atau kemungkinan untuk memprogram rute hemat energi ke dalam navigasi. [fkg/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
auto tips,
#
mobil listrik