MENU
icon label
image label
blacklogo

Air yang Keluar dari Knalpot Mobil Bukanlah Pertanda Masalah

NOV 11, 2018@17:45 WIB | 151 Views

Di mata orang awam, air yang keluar dari knalpot kerap disebut sebagai pertanda kalau knalpot mobil mereka mengalami kebocoran. Pemikiran seperti itu pastinya langsung membuat mereka jadi panik karena mengira mobilnya sedang bermasalah.

Namun pada kenyataannya, air yang keluar dari knalpot merupakan sebuah pertanda yang baik. Jadi jika Anda melihat ada air yang keluar dari knalpot mobil Anda, maka semestinya Anda merasa senang karena mobil Anda berada dalam kondisi yang baik-baik saja.

Merasa bingung? Begini penjelasannya. Air yang keluar dari knalpot merupakan buah dari pembakaran yang sempurna. Salah satu hasil dari pembakaran yang sempurna itu adalah H20 alias air. Biasanya, air keluar dari knalpot saat mesin baru dinyalakan atau dalam kondisi dingin. Selain mesin, saat itu knalpot juga sedang dalam kondisi yang dingin.

Adanya air yang keluar dari knalpot menandakan pembakaran yang sempurna di ruang mesin

Walau umumnya terjadi saat mobil baru dihidupkan atau ketika mesin mobil dalam keadaan dingin, air juga bisa keluar dari knalpot kala idle, alias sedang berhenti setelah berjalan. Itu bisa terjadi karena mesin dan knalpot masih dalam kondisi dingin, atau mobil belum berjalan terlalu jauh.

Karena air yang keluar dari knalpot bukanlah indikasi adanya suatu masalah, maka Anda harus curiga apabila tidak ada air yang menetes saat mesin mobil baru dinyalakan atau dalam kondisi idle. Hal tersebut justru malah bisa jadi pertanda adanya masalah pada mobil Anda.

Jika tidak ada air yang keluar dari knalpot saat baru menghidupkan mesin atau idle, bukan tidak mungkin kalau pembakaran di ruang mesin terjadi secara tidak sempurna. Tapi ada juga kemungkinan lainnya. Tidak adanya air yang menetes saat mesin mobil baru dinyalakan bisa saja disebabkan karena knalpot sudah lebih dulu panas, sehingga air tak lagi menetes lantaran sudah menguap di dalam knalpot.

Penggunaan bahan bakar yang tepat dapat menghasilkan pembakaran yang sempurna

Oleh karena itu, tak perlu lagi khawatir jika Anda melihat ada air yang keluar dari knalpot saat mesin mobil baru dihidupkan karena itu merupakan tanda bahwa pembakaran terjadi dengan sempurna. Untuk bisa mendapat pembakaran yang sempurna, sangat disarankan untuk selalu memakai bahan bakar dengan nilai RON atau cetane number yang sesuai dengan mobil Anda.

Kalau Anda nekat untuk melanggar prosedur tersebut, selain pembakaran jadi tidak sempurna, maka komponen mesin mobil lainnya juga bakal mengalami penurunan usia pakai. Bila hal ini dilakukan dalam jangka panjang, bukan tidak mungkin kalau mesin mobil Anda jadi tak bisa lagi dihidupkan.[ap/timBX]

Tags :

#
mobil,
#
air dari knalpot