MENU
icon label
image label
blacklogo

4 Hal Yang Gak Boleh Kamu Lewati Sebelum Mengganti Ban mobil Kesayangan

APR 06, 2022@18:35 WIB | 614 Views

Buat kamu yang memiliki mobil, tentunya wajib melakukan yang namanya perawatan. Bukan tanpa sebab, beberapa part pada mobil memiliki batasan usia pakai dan dapat habis dimakan usia.

Salah satunya yaitu ban mobil, ban pada mobil pun wajib dicek dan diganti secara berkala dan ingat tidak harus nunggu botak atau sobek dulu nih Black Pals!

Ban mempunyai peran penting bagi mobil seperti keamanan dan kenyamanan saat berkendara, kondisi ban yang buruk disinyalir dapat menimbulkan resiko kecelakaan lebih besar.

 Untuk itu buat kamu yang mau mengganti ban mobil yuk perhatikan 4 hal di bawah ini :

1. Wajib tau ukuran standar pabrik dan velg OEMnya.

Mengganti ban mobil bukanlah sesuatu yang sulit dan terbilang mudah, namun ingat memilih ban mobil juga tak boleh sembarangan. Kamu harus mengetahui ukuran ban mobil yang sesuai dengan standarnya. Biasanya, pada setiap ban terdapat sebuah kombinasi huruf dan angka yang menandakan ukuran ban tersebut.

Sebagai contoh, terdapat sebuah ban dengan kode 195/50 R16. Angka 195 yang terletak di depan menandakan lebar tapak ban dengan menggunakan satuan ukuran milimeter (mm).

Selanjutnya ada angka 50 yang menandakan tinggi ban. Artinya, ban tersebut memiliki tinggi 50 persen dari tapak ban yang berukuran 195 mm. Perlu diingat, semakin kecil angka yang tercantum, maka jarak antara tapak ban dengan bibir velg pun semakin dekat.

Sedangkan huruf R menunjukkan tipe ban, yaitu Radial. Selain tipe radial, ada juga tipe bias atau diagonal serta tipe RFT atau Run Flat Tire. Terakhir, angka 16 adalah ukuran diameter velg yang digunakan dalam satuan inci.

2. Sesuaikan tekstur dan profil ban mobil dengan kebutuhan

Saat kamu sudah tau berapa ukuran ban mobil yang akan dipilih, selanjutnya Ketika sudah mengetahui tinggal memilih profil ban itu sendiri. Saat ini ban mobil tersedia dalam berbagai macam profil.

Profil ban yang sesuai standar pabrikan merupakan yang paling aman dan terbaik untuk penggunaan harian. Sedangkan untuk sifat ban, gunakan juga yang sesuai ketentuan pabrikan.

Sebagai contoh, kamu ingin memilih ban dengan sifat soft compound. Nah ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari ban soft compound tersebut.

Saat berkendara di jalanan kering maka mobil kamu akan mendapat traksi yang sangat baik di atas aspal. Namun kekurangannya akan terasa saat berkendara di kala hujan. Bahkan sifat ban soft compound juga akan lebih cepat aus.

3. Pilih ukiran kembang tapak ban yang pas

Tau gak kamu jika ukiran tapak ban alias kembang setiap ban mobil itu berbeda-beda? Hal tersebut karena ban mobil yang baik harus menekankan besarnya daya gesek ke jalan. Semakin besar daya gesek sebuah ban ke jalan, maka risiko mobil tergelincir dapat berkurang.

4. Tahun Pembuatan

Kami sarankan saat membeli ban mobil baru, kamu pilih ban yang masih berusia muda. Akan lebih bagus jika ban benar-benar baru diproduksi. Ban dengan tahun pembuatan yang lebih muda dapat menjamin kualitasnya yang terjaga.

Untuk mengetahui tahun produksi suatu ban, kamu bisa melihat kode yang tertera pada ban. Terdapat empat digit yang berderet, misalnya 0814. Angka 08 menunjukkan minggu pembuatan sedangkan angka 14 menunjukkan tahun pembuatan. Sehingga dapat disimpulkan, ban tersebut dibuat pada minggu kedelapan pada tahun 2014.

Ingat kamu enggak boleh buru-buru apalagi asal dalam memilih ban mobil sebab kamu perlu memahami kode-kode yang terdapat pada ban, membacanya dengan teliti lalu sesuaikan dengan velg mobil mu. [azz/era/timBX].

Tags :

#
ban mobil,
#
ganti ban,
#
tips,
#
ban