MENU
icon label
image label
blacklogo

10 Langkah Maintenance Mobil Klasik Anda, Saat PSBB Berlangsung Agar Tetap Kondusif

MAY 22, 2020@13:00 WIB | 380 Views


Kala kolektor mobil klasik mulai tersiksa dengan  lockdown  atau setingkat lebih rendah berskala PSBB seperti  di Indonesia, mungkin ada baiknya tetap melakukan aktivitas menyenangkan melalui perawatan mobil klasik.  Selain itu bulan Juni di Indonesia menjadi bulan pergeseran antara musim hujan dan musim kemarau. Waktu yang tepat untuk pergi keluar rumah dengan mobil kesayangan Anda. 
 

Saat musim hujan mulai terkikis intensitasnya,  asumsi kami ini waktu yang tepat menghidupkan mobil klasik.  Meski dibeberapa daerah masih mengalami PSBB, akhir bulan puasa biasanya komunitas tidak berdiam diri. Mereka mulai menyusun rencana menganggarkan sedikit dana untuk kegiatan sosial.  Kebetulan bila komunitas mobil retro mengagendakan sedikit rolling thunder ke lokasi titik pembagian bantuan sosial. 
 

Setelah tidur panjang, mungkin yang perlu BlackPals persiapakan adalah, membersihkan mobil secara menyeluruh luar dan dalam.  Sektor mesin bisa dimulai dengan mengganti oli,  menambahkan coolant antifreeze,  memasang aki,  menambahkan stabilizer bahan bakar ke tangki BBM, memasang knalpot dan intake mesin untuk memastikan hambatan  makhluk pengerat.  Mulailah memanasi mobil satu atau  dua hari sebelumnya guna menghindari  kejutan trouble yang tidak menyenangkan saat mobil kesayangan Anda berakselerasi mengitari sudut jalan perkotaan.

1. Pastikan kualitas cat tidak berkurang akibat cover mobil yang kurang berkualitas.   Simpan cover mobil  ditempat yang baik, untuk  dapat kembali digunakan saat musim hujan di bulan November - Desember.  Mulailah cuci body, dengan peralatan yang memadai, menghindari tumpukan debu atau jamur yang mulai menginveksi permukaan cat atau kaca. 

2.  Jika kamu menyalakan mesin  hanya sesekali saja selama rentang waktu yang panjang,  Atau bahkan lebih buruk dari itu, pertimbangkan untuk mengganti oli baru sebelum benar-benar menyimpannya dalam wamtu yang lama. Maintenance mesin dengan memeriksa level olinya. 



3.  Periksa baterai / aki untuk  memastikan Cold Crank Ampere (CCA)  masih  dalam batas tertentu untuk menghidupkan mesin. Jika ternyata tidak kuat, coba gunakan kapasitor bank untuk membantu menyalakan mesin secara normal.  Bila itu tidak bisa menolong, persiapkan untuk membeli aki yang baru,  agar tidak terjebak trouble di lokasi yang sulit.

4.  Periksa kebocoran pada coolant,  oil, transmisi, atau cairan hidrolik sistem pengereman. Penuhi cairan masing-masing jika perlu.  Atasi kebocoran bila mampu, pastikan tidak ada kebocoran bahan bakar, yang itu memerlukan penanganan segera mungkin. 

5. Periksa hati-hati kualitas belt, dan hoses, yang menyebabkan  mesin tidak bekerja secara maksimal. Jika ragu ganti saja dengan yang baru. 

6. Lepaskan materi penyumbat untuk lubang  knalpot dan lubang intake,  seperti bahan steel wool. 

7. Asumsikan Anda sudah mencampurkan cairan stabilisator  bahan bakar pada musim penghujan lalu, sehingga kualitas bahan bakar anda tidak turun atau yang biasa disebut bensin basi. Nyalakan mesin, perhatikan langsam tidaknya throttle sama seperti musim panas, saat mobil Anda dalam keadaan sehat. 


Sebelum menyalakan mesin, periksa distributor cap, coba starter sedikit untuk memeriksa percikan api, guna memastikan tidak ada korosi. Gunakan amplas halus untuk menghilangkan karat, dan sekali lagi periksa kebocoran bahan bakar.


8. Periksa tekanan ban, pada kebutuhan yang sesuai, jangan lupa mempersiapkan ban cadangan BlackPals. 

9.  Sebelum mengeluarkan mobil dari bagasi,  cek bagian bawah mobil,  bila mengetahui ada bahan runcing  yang kemungkinan menyebakan luka pada ban seperti skrup dan paku.



10. Saat mobil mulai merangkak keluar, pastikan fungsional rem bekerja sempurna dengan mengitari perumahan Anda.  Saat mengemudi  dengar bunyi suspensi  wajar atau tidak.  Jika mobil retro Anda sudah bertransmisi otomatis, pastikan tuas suspensi bergeser dengan benar tanpa suara aneh.  Pastikan indikator check engine tidak menyala dan semua indikator berjalan dengan sempurna.

Jangan terlalu menggeber mobil, awali dengan santai hingga beberapa kilometer. Nikmati perjalanan pertama selepas pembatasan mobilitas skala besar, dengan Keluarga dan berdoalah  pandemi ini cepat selesai dan lupakan ketakutan yang berlebih dengan tetap menjaga social distancing serta gunakan masker, hand sanitizer dan disinfektan setiap Anda berhenti dan bersosialisasi di satu tempat.  Nikmati the New Normal,  dan tetap jaga kualitas hidup Anda. [Ahs/timBX]

Tags :

#
lawan covid corona,
#
maintenance mobil retro,
#
psbb